selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 12 Januari 2012

Tips Menentukan Tempat Usaha Makanan

tips bisnis makanan
Dalam memulai sebuah usaha terutama dalam usaha makanan banyak hal-hal yang harus dipertimbangkan, salah satunya adalah tempat atau lokasi berjualan. Pemilihan lokasi untuk membuka usaha makanan perlu di pikirkan secara matang, layak tidaknya lokasi sampai pertimbangan lokasi pesaing yang mungkin bisa menghambat atau mengganggu usaha Anda.
Untuk itu ada beberapa hal yang dilakukan sebelum Anda menentukan lokasi usaha. Dan berikut kami berikan tips menentukan tempat usaha makanan yang dapat Anda coba sebagai bahan referensi yang dapat mempengaruhi keberhasilan usaha Anda.
Survei Keramaian Lokasi
Perhatikan banyaknya orang atau kendaraan yang melintas di lokasi tersebut. Kapan saja jalan tersebut ramai dilalui orang dan kendaraan dan berapa prosentase kemungkinan orang akan terjaring untuk berkunjung ke tempat usaha Anda. Dengan begitu Anda bisa menentukan jam berapa Anda buka agar kesempatan Anda untuk menjaring konsumen dapat maksimal
Cermati Fasilitas Ruang Usaha
Anda harus terlebih dahulu mengetahui dengan jelas fasilitas yang ada pada tempat usaha yang akan Anda gunakan, seperti daya listrik, air bersih, dan telpon sesuai dengan kebutuhan Anda. Usaha warung makan biasanya tidak membutuhkan daya listrik yang terlalu besar, sekitar 900 watt sampai 2200 watt sudah cukup. Kemudian untuk air bersih, Anda juga harus memastikan sumber air menggunakan air tanah atau air PAM. Dalam hal ini kaitannya dengan biaya yang harus Anda alokasikan untuk kebutuhan air, jika menggunakan PAM maka Anda harus menyisihkan dana untuk membayar jasa Perusahaan Air Minum.
Keamanan Lokasitips bisnis makanan
Hindari lokasi yang rawan kriminalitas, banjir ataupun macet. Hal-hal ini bisa mengganggu usaha Anda dan konsumen. Jika perlu tanyakan kepada masyarakat setempat mengenai kondisi lingkungan tersebut. Jangan berspekulasi jika Anda tidak mampu menghadapi hal-hal tersebut diatas, lebih baik cari lokasi yang jauh lebih aman dan nyaman agar Anda mampu fokus dan berkonsentrasi dalam menjalankan usaha Anda.
Lihat Lokasi Pesaing
Pertimbangkan lokasi pesaing dengan usaha yang akan Anda bangun. Jika di lokasi tersebut sudah banyak usaha sejenis dan kondisi tidak terlalu ramai, lebih baik Anda mencari tempat lain yang cukup ramai namun belum terlalu banyak pesaing.
Lokasi Pembelian Bahan Baku
Pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dengan tempat pembelian bahan baku atau pasar. Hal ini dapat meminimalis ongkos transportasi, selain itu jika tiba-tiba ada stok yang habis bisa dengan cepat membelinya sehingga konsumen tidak terlalu lama menunggu.
sumber gambar:http://images04.olx.co.id/ui/4/93/69/1266541122_75128469_2-Gambar-Ruang-Usaha-Prospective.jpg & http://www.pasang.com/assets/PicAds/DSC03117.JPG

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar