selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 12 Januari 2012

MAKAN ALAMI DALAM USAHA BUDIDAYA IKAN (bagian2)

lanjutan bagian1…………Siklus rantai makanan biologis dalam produksi ikan dapat di gambarkan terdiri dari nutrisi mineral > produksi tumbuhan > ikan pemakan tumbuhan.
Ini adalah siklus rantai biologis dan makanan yang mempertahankan kualitas dan kuantitas pakan alami dalam sistem tambak.
Jenis-jenis pakan alami ikan
Jenis pakan alami umumnya tumbuh dalam sistem tambak sebagaimana telah disebutkan dikategorikan menjadi dua: mereka yang berasal dari tumbuhan dan yang berasal dari hewan.
  1. Tanaman origin
Organisme yang berasal dari tumbuhan yang secara umum disebut tumbuhan air. Produksi pangan pada dasarnya adalah proses transformasi energi. Di kolam, energi surya ditetapkan oleh bantalan tanaman klorofil secara mikro atau makro. Ada tanaman mikroskopis yang hidup di dalam kolam tumbuh bersama-sama. Mereka disebut fitoplankton (phyto = berhubungan dengan tanaman). Yang fitoplankton yang paling penting dalam sistem tambak adalah: (1) Chlamydomonas, (2) Chiarella, (3) Closterium, (4) Navicula, (5) finnularia, (6) Eudorina, (7) Scenedesmus, (8) Pediastrum dan (9) Fragilaria.
Selain itu fitoplankton ukuran mikroskopis namun ada juga yang berukuran besar. Seperti: (10) Hydrilla verticilata, (11) Ceratophyllum submersum, (12) Ottelia alismoides, (13) Vallisneria spiralis, (14) Eichornia crassipes, (15) Pistia stratiotes, (16) Lemna polyrhiza, (17) Lemna kecil, (18) Azolla pinnala, (19) Limnonthemum cristatum, (20) Ipomea aquatica (21) Jusiala ‘rapens dan (22) Mar ~ ilea quandrifolia. Hampir semua fitoplankton, mikro adalah untuk pakan alami sebagian besar ikan komersial setelah dari mulai ikan kecil hingga dewasa.
  1. Hewan origin
Organisme yang berasal dari hewan yang disebut dalam fauna perairan umum. Tanaman air adalah pakan untuk sejumlah organisme yang berasal dari hewan. Beberapa dari mereka sangat mikroskopis dan hidup bersama. Mereka disebut zooplanktons.Mereka adalah: (23) Diaptomus, (24) Moina, (25) nauplius, (26) Keratella, (27) Brachionus, (28) Cyclops dan (29) Daphma. Umumnya, ikan- ikan yang dibudidayakan (bibit maupun ikan dewasa) memakan zooplanktons yang kaya protein yang dibutuhkan untuk ikan dalam jumlah yang sangat tinggi hingga 70 persen. Ini tidak berarti bahwa ikan setelah tahap benih tidak memakan zooplanktons yang dapat memberikan hanya jumlah kecil pakan. Sedangkan, ikan tumbuh memerlukan jumlah besar pakan dari vegetasi kolam.
Selain zooplanktons ada fauna yang berukuran besar. Beberapa dari mereka memakan zooplanktons dan fauna mikro sementara yang lain makan pada tanaman mikro dan makro yang tumbuh di kolam. Dengan kata lain organisme yang lebih rendah menjadi pakan untuk yang lebih tinggi dan siklus terus berlanjut.
Fauna mikro dan makro menyediakan sebagian besar protein dalam pakan alami. Kebutuhan yang tepat untuk pertumbuhan ikan persentase protein harus minimal 25 sampai 70 persen tergantung pada tahap pertumbuhan. Segera setelah menetas sampai satu minggu membutuhkan protein sampai 70 persen. Kemudian kemudian berkurang sampai 60%, 50%, 40%, 30% dan 25% sampai ikan sudah dewasa.
dilanjutkan ke bagian 3…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar