selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 12 Januari 2012

Proses Produksi Industri Furniture

Kualitas yang baik merupakan syarat utama yang harus dipenuhi industri permebelan, apabila produk tersebut akan dipasarkan kepada konsumen dalam dan luar negeri. Dalam kaitan ini proses produksi sangat erat kaitannya dengan bahan bahan yang dipergunakan, peralatan serta keterampilan tenaga kerja yang terlibat dalam proses produksi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas mebel antara lain adalah, kualitas bahan baku kayu yang digunakan dalam proses produksi, proses pengeringan kayu yang tidak sempurna, dan finishingnya kurang halus/rapi.
Diagram Alir Proses Produksi
FURNITURE2.gif

Di dalam pembuatan furniture ada beberapa tahapan proses, adapun tahapan dalam proses produksi tersebut adalah sebagai berikut :
1. Kayu gelondongan/log masuk mesin Saw Mill yaitu proses pembelahan/penggergajian dari bahan baku dasar menjadi bahan baku yang sudah berupa papan.
2. Proses pengeringan (Kiln Dried) dengan sistem pemanasan tertentu agar kadar air yang terkandung di dalam kayu bisa dikurangi sampai dengan kadar kelembaban 12 sampai dengan 15 %. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko kayu menjadi pecah dan melengkung , dan juga kayu tidak akan mengalami penyusutan lagi.
3. Proses pembelahan menjadi komponen sesuai dengan lebar yang dikehandaki dengan mesin SERCLE.
4. Proses pemotongan dengan mesin potong/CUTTER SAW ; kayu dipotong-potong sesuai dengan panjang yang dibutuhkan.
5. Proses pembuatan komponen furniture dengan memakai mesin SCRALL BAND SAW.
6. Proses penyerutan agar kayu lapis halus dan sama ukuran tebal-lebarnya dengan mesin PLANNER/mesin serut atau juga bisa dengan Mesin MOULDING.
7. Proses pemasukan ke dalam mesin yang meliputi :
a. Mesin TENONER yaitu proses pembuatan pen untuk sistem pertemuan.
b. Mesin MORTIZER yaitu proses pembuatan lubang boor guna penempatan baut ataupun dowel-dowel yang bersifat barang knock down.
c. Mesin Profil yaitu proses pembuatan variasi profil apabila diperlukan.
8. Proses memasukkan ke dalam mesin SANDING untuk semua komponen yang sudah selesai diproses, sehingga akan diperoleh komponen yang sudah halus dengan ukuran yang sama sebelum dilakukan penyetelan.
9. Proses ASSEMBLING atau penyetelan yaitu proses menyetel/merangkai dari komponen menjadi barang jadi yang meliputi pengeleman dan pemasangan hardware atau aksesoris lain yang dibutuhkan.
10. Proses Finishing, yaitu proses pengamplasan terakhir dengan sistem manual. Proses finishing ini juga bisa meliputi proses politur atau cat apabila diperlukan.
11. Proses packing, yaitu proses pengepakan dengan box agar barang-barang yang akan dikirim tidak mengalami kerusakan.
12. Proses pengiriman produk kepasaran di dalam negeri maupun luar negeri (ekspor).

5 komentar:

  1. Kami adalah toko Mebel jepara yang menjual berbagai Mebel minimalis dan mebel ukir berkualitas ekspor dari bahan kayu jati asli dengan tingkat kekeringan tinggi sehingga menghasilkan produk mebel berkualitas, kuat, awet dan indah. Disamping mejual mebel berkualitas dengan harga pantas kami juga menjual mebel murah dengan kwalitas tetap terjaga. Produk kami meliputi Mebel kantor , kursi tamu meja makan , almari , Almari Minimalis dan lain-lain.
    Silakan kunjungi website kami untuk mendapatkan mebel yang anda perlukan dengan harga murah…
    Salam,
    UD. MEBEL JATI
    www.mebeljati.com
    Jepara

    BalasHapus
  2. This is the best reference sources that I was looking for
    I hope to get a lot of new ideas from you
    Vimax
    Vimax Asli
    Vimax Canada
    Vimax Indonesia
    Thank you Furniture Jepara Mebel Jepara

    BalasHapus
  3. Perkenalkan kami sebagai perusahaan yang memproduksi Tempat Tidur Mewah Jati ingin menawarkan produk-produk unggulan khas jepara jawa tengah indonesia yang cantik dan indah dengan harga yang tentunya relatif lebih terjangkau, Produk furniture jati mulai saat ini sedang berkembang sangat pesat, kayu yang di produksi dengan sangat teliti dan terkontrol menghasilkan produk mebel jati kayu yang sangat elegant dan cantik, salah satunya produk andalan kami Kamar Tidur Mewah dengan model klasik,ukiran dan minimalis ataupun modern yang sedang trend di beberapa tahun terakhir.

    BalasHapus