selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 12 Januari 2012

Peluang usaha pembuatan minuman lidah buaya

Lidah buaya, siapa yang tidak kenal jenis tanaman satu ini. Lendir atau getah yang dihasilkan dari daun lidah buaya umum digunakan sebagai penyubur rambut. Dalam dunia industri, lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk kosmetik, farmasi, kimia, makanan dan minuman. Daging lidah buaya mengandung mineral, asam amino, serat, enzim-enzim, vitamin,serta berbagai zat bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya ini mempunyai potensi tinggi sebagai makanan kesehatan, sehingga banyak digunakan untuk bahan baku utama untuk minuman kesehatan dan kecantikan. Didukung dengan budaya masyarakat untuk kembali menggunakan bahan dan obat-obatan yang alami, minuman lidah buaya mempunyai prospek yang bagus untuk dijadikan sebuah peluang usaha.
Terdapat 300 jenis lidah buaya di dunia, namun demikian yang bisa dijadikan bahan pangan hanya dari jenis Aloe Barbodensis atau yang dikenal dengan Aloe Vera. Lidah buaya tergolong tanaman hortikultura. Kandungan unsur utama dalam lidah buaya adalah alonin, emodin, resin, gum dan minyak atsiri. Kandungan alonin pada gel atau lendir lidah buaya jenis Aloe vera adalah 18-25%. Alonin mempunyai rasa getir, mengandung antibiotik dan bersifat antiseptik.
Dari tanaman lidah buaya dapat diproses lebih lanjut menjadi berbagai macam produk. Produk lain disamping sebagai olahan makanan dan minuman kesehatan berupa :
o Gel pekatan atau konsentrat lidah buaya,
o Bubuk /tepung lidah buaya
Tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat antara lain :
  1. pemanfaatan yang sudah sangat familiar di masyarakat adalah sebagai penyubur rambut.
  2. Lidah buaya juga dimanfaatkan sebagai obat, yaitu obat pencahar serta berfungsi membantu bekerjanya fungsi usus besar.
  3. Lendir /getah daun yang dihasilkan oleh lidah buaya apabila ditambah dengan gula ternyata dapat berkasiat untuk mengobati asma dan sebagai obat batuk
  4. Lidah buaya juga bersifat antiseptik dan dapat merangsang jaringan sel kulit baru, sehingga efektif untuk penyembuhan radang kulit.
  5. yang akan kita bahas lebih jauh yaitu pemanfaatan lidah buaya sebagai minuman kesehatan
Setelah diatas diuraikan bagaimana kasiat yang dimiliki lidah buaya, tidak diragukan lagi bahwa mengkonsumsi lidah buaya sangat bermanfaat bagi tubuh. Secara spesifik berikut akan dibahas bagaimana mengolah lidah buaya menjadi minuman segar yang berkhasiat.
BAHAN
Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan Minuman Lidah Buaya adalah sebagai berikut : Lidah buaya, Gula pasir, garam dapur, asam sitrat, pewarna makanan (hijau) dan flavor / perasa.
ALAT
Peralatan yag digunakan dalam pembuatan minuman dari lidah buaya ini sangat sederhana yaitu cukup peralatan rumah tangga yang ada di dapur : pisau steinles steel , panci, blender, baskom dan kompor.
CARA PEMBUATAN
Langkah-langkah pembuatan minuman dari lidah buaya adalah sebagai berikut :
  1. Tahap pertama adalah pemilihan daun lidah buaya. Pilih daun yag tebal dan belum terlalu tua, karena dau yang demikian rasa getirnya belum terlalu tajam. Ciri-ciri daun yang belum terlalu tua adalah : warnanya hijau bintik-bintik putin bagian tepi daun berduri lunak dan pucat.
  2. Tahap selanjutnya cuci daun lidah buaya sampai bersih , kupas bagian kulitnya dan ambil dagingnya.
  3. Ke dalam potongan daging lidah buaya tambahkan air dengan perbandingan 4 : 1 antara daging dan air yang digunakan.
  4. Blender campuran daging dan air sampai hancur, kemudaian ekstraknya disaring dengan kain penyaring atau dengan menggunakan saringan plastik.
  5. Tahap selanjutnya, tambahkan gula pasir sejumlah 10-15% , asam sitrat sejumlah 0,1 – 0,2 %, garam dapur sejumlah 0,025 – 0,1%, esence dan pewarna secukupnya.
  6. Kemudian campuran bahan-bahan tersebut dimasak dengan suhu 85-900C selama kurang lebih 20-25 menit.
  7. Dalam keadaan masih panas, masukan larutan tadi kedalam botol-botol yang sudah disterilkan yaitu dengan cara dimasak dalam air mendidih selama kurang lebih 1-2 jam. Banyaknya larutan yang dimasukkan ke dalam botol sebaiknya tidak terlalu penuh , yaitu dengan menyisakan ruang udara sebanyak 1,5-2,5 cm dari bagian atas botol.
  8. Kemudain botol-botol yang berisi larutan lidah buaya tadi dipanaskan dalam air mendidih selama kurang lebih 10-15 menit. Kemudian angkat botol dan tutup dengan segera.
  9. Langkah berikutnya, biarkan botol-botol berisi minuman lidah buaya tersebut dingin pada suhu ruangan.
  10. Tahap terakhir dari pembuatan minuman lidah buaya ini adalah pemberian label pada botol
Minuman sari lidah buaya yang sudah dikemas tersebut siap dipasarkan. Selain rasanya menyegarkan, minuman lidah buaya tersebut juga berkhasiat bagi kesehatan. Tentunya hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi kosumen.

1 komentar: