selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Selasa, 17 Januari 2012

Aneka Produk Olahan Kentang

PEMBUATAN KERIPIK KENTANG
Salah satu cara untuk mengawetkan umbi kentang yang umum dilakukan oleh masyarakat adalah mengolahnya menjadi beberapa produk olahan seperti keripik kentang, dodol kentang  dan ceriping kentang. Keripik kentang adalah salah satu jenis makanan ringan (snack) yang dibuat dari umbi kentang yang dikupas lalu diiris tipis-tipis kemudian digoreng hingga gemersik atau garing.
Untuk mendapatkan mutu keripik kentang yang baik banyak faktor yang harus diperhatikan antara lain pemilihan varitas kentang, umur saat panen (ketuaan), ukuran, bentuk dan kekerasan kentang, mata tunasnya, cara pengolahan dan kualitas minyak penggorengnya serta kerapian pengemasannya (packing).
A. BAHAN YANG DIBUTUHKAN :
  1. Kentang
  2. Garam.
  3. Minyak goreng.
  4. Soda Kue
  5. Plastik untuk pengemas.
B. ALAT YANG DIPERLUKAN :
  1. Pisau tahan karat atau alat/mesin pengupas kentang
  2. Alat perajang kentang (slicer).
  3. Panci.
  4. Alat penggorengan (wajan)
  5. Kompor dan timbangan.
  6. Alat pengemas ( plastik sealer).
C. CARA KERJA :
  1. Kentang dicuci sampai kotoran atau tanah yang masih melekat pada kentang hilang untuk mengurangi kontaminasi mikro organisme yang dapat menurunkan mutu keripik.
  2. Kentang yang telah dicuci dibuang kulit dan mata tunasnya dengan menggunakan pisau dan dirajang tipis dengan ukuran yang seragam (1 -2 mm) menggunakan alat perajang kentang yang tahan karat.
  3. Irisan kentang dicuci sampai bersih (sampai air bekas cucian bening),
  4. Rendam dalam air bersih yang sudah dicampur dengan  soda kue  sebanyak 0,1 persen (sekitar 1 sendok makan penuh untuk 5 liter air) selama 30 menit
  5. Tiriskan dan lumuri dengan garam  halus garam secukupnya  ( pemberian garam hanya pada irisan yang akan di masukkan kedalam wajan penggorengan ).
  6. Proses selanjutnya adalah penggorengan irisan kentang dalam minyak panas selama  10 – 12 menit tergantung ketebalan irisan (atau sampai garing dan berwarna kuning muda).
  7. Kripik kentang didinginkan lalu dikemas dengan plastik atau aluminium foil.
Catatan :
  • Jika menginginkan rasa yang tajam dapat ditambahkan bumbu lain atau penyedap seperti Bumbu royco segera setelah keripik diangkat dari penggorengan agar butiran bumbu penyedap dapat melekat pada permukaan keripik.
  • Banyaknya soda kue dan lama perendaman tergantung pada kondisi kentang dan  ketebalan irisannya.
PEMBUATAN DODOL KENTANG
Pembuatan dodol kentang tidak sulit dilakukan akan tetapi memerlukan waktu yang cukup lama karena memerlukan pemasakan sekitar 3 jam (tergantung jumlah bahan).  Masalah lain yang sering ditemui adalah pengeringan bahan setelah dimasak.  Biasanya pengeringan dilakukan dengan penjemuran, dan lamanya penjemuran sangat ditentukan oleh intensitas penyinaran matahari.  Pada waktu cuaca panas sempurna maka penjemuran bisa selesai dalam satu hari,  pada cuaca yang kurang menguntungkan atau hujan bisa dikeringkan dengan menggunakan alat pengering buatan seperti oven.
A. BAHAN YANG DIPERLUKAN  :
  1. Kentang                                         : 1 Kg
  2. Tepung terigu                                : 200 Gram
  3. Gula                                              : 500 Gram
  4. Kelapa                                           : 1 Buah

B. ALAT YANG DIPERLUKAN :
  1. Timbangan
  2. Tungku pemasak
  3. Wajan
  4. Kompor
  5. Pemarut kelapa
  6. Saringan
  7. Pengaduk
  8. Cetakan
  9. Rak penjemuran/alat pengering
  10. Alat kemasan
C. CARA  KERJA :
  1. Timbang kentang sebanyak 1 Kg kemudian dibersihkan.
  2. Kentang direbus sampai matang sempurna
  3. Setelah perebusan selesai didinginkan kemudian kulitnya dikupas.
  4. Hasil kupasan dihancurkan secara merata
  5. Kupas kelapa sebanyak 1 buah, kemudian diparut dan dilakukan penyantanan
  6. Buat adonan yang terdiri dari kentang yang sudah dihancurkan ditambah dengan santan kelapa, 500 Gram  gula,   200 Gram  tepung terigu  dan garam.
  7. Adonan dimasak sampai jadi berbentuk pasta yang agak keras, biasanya pemasakan berlangsung selama  sekitar 1 Jam  (akhir pemasakan ditandai dengan  adonan yang menggumpal/tidak lengket di kuali  dan  berminyak)
  8. Setelah adonan masak dan agak mengeras adonan didinginkan
  9. Setelah dingin dimasukkan ke dalam wadah cetakan
  10. Lakukan pengeringan dengan jalan penjemuran
  11. Setelah dijemur selama 1 hari (bila panas matahari sempurna) dodol dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan
  12. Lakukan pengemasan dengan menggunakan kertas sebagai kemasan primer dan kotak plastik sebagai kemasan sekunder
Catatan :
  • Kelapa yang digunakan bisa juga tanpa penyantanan (langsung  diaduk dengan adonan  tanpa diperas santannya)
  • Biasanya dengan jumlah adonan diatas akan diperoleh sekitar 1,4 Kg  dodol kentang,   bila menggunakan  kelapa tanpa penyantanan akan diperoleh sekitar 1,6 Kg dodol kentang
  • Pemasakan dalam jumlah kecil sebaiknya menggunakan teflon, dalam jumlah banyak menggunakan kuali yang tebal  agar tidak lengket.



PEMBUATAN CERIPING KENTANG
Ceriping kentang merupakan salah satu produk olahan kentang yang baru dikembangkan. Berbeda dengan keripik kentang dimana pada ceriping kentang setelah diblansir kemudian irisan kentang di keringkan dengan sinar matahari atau dengan oven sampai kering kemudian baru di goreng dengan minyak panas. Namun ceriping kentang bisa juga dipasarkan dalam bentuk yang belum digoreng.
A. BAHAN YANG DIBUTUHKAN :
  1. Kentang 1 kg.
  2. Kalsium klorida 0,1%.  atau kapur sirih 2 sendok makan
  3. Garam dapur 1 % ( 1 sendok makan)
  4. Minyak goreng.
  5. Plastik untuk pengemas.
B. ALAT YANG DIPERLUKAN :
  1. Pisau tahan karat atau alat/mesin pengupas kentang
  2. Alat pengiris kentang (slicer).
  3. Panci.
  4. Alat penggorengan (wajan)
  5. Kompor dan timbangan.
  6. Alat pengemas ( plastik sealer)
  7. Oven pengering
C. CARA KERJA :
  1. Kentang dicuci sampai kotoran atau tanah yang masih melekat pada kentang hilang untuk mengurangi kontaminasi mikro organisme yang dapat menurunkan mutu keripik.
  2. Kentang yang telah di cuci dibuang kulit dan mata tunasnya dengan menggunakan pisau dan dirajang tipis dengan ukuran yang seragam (1 -2 mm) menggunakan alat perajang  kentang yang tahan karat.
  3. Irisan kentang lansung dimasukkan kedalam air larutan kalsium klorida 0,1% atau kapur sirih selama 10 jam.
  4. Irisan kentang kemudian dibersihkan kembali dengan air yang bersih lalu turiskan.
  5. Kemudian lakukan pemblansiran dengan cara merendam irisan umbi kentang dalam air panas yang sudah ditambahkan garam selama 5 – 10 menit pada suhu 80 – 90 oC.
  6. Irisan kentang kemudian ditiriskan lalu dijemur dengan sinar matahari atau jika hari hujan dikeringkan dengan oven. Dalam bentuk kering ini ceriping kentang sudah dapat dikemas dan dipasarkan.
  7. Proses selanjutnya adalah penggorengan irisan kentang dalam minyak panas selama    10 -12 menit tergantung ketebalan irisan (atau sampai garing dan berwarna kuning muda).
  8. Kripik kentang didinginkan lalu dikemas dengan plastik atau aluminium foil. Berat kemasan dapat dibuat sesuai keinginan seperti 100 gr, 250, atau 500 gr, kemudian disegel dengan plastik sealer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar