“UDO” adalah singkatan saya buat untuk menggambarkan strategi bisnis utama. Saya akan menjelaskan apa artinya dan cara kerjanya. Tapi pertama-tama, saya perlu menjelaskan mengapa teori “UDO” adalah elemen penting untuk keberhasilan bisnis secara keberlanjutan.
Dengan tingkat pengangguran masih tinggi di Indonesia jalan yang terbaik untuk mendapatkan pekerjaan adalah menciptakan pekerjaan sendiri. Akibatnya, kita melihat peningkatan jumlah wiraswasta. Apakah mereka sebagai konsultan, kontraktor independen, atau freelancer, mereka berada dalam bisnis untuk diri mereka sendiri dan oleh diri mereka sendiri.
Tapi pertanyaan saya, “Apakah orang-orang ini benar-benar mulai bisnis?” Saya berpendapat “TIDAK”. Ada perbedaan antara menciptakan pekerjaan untuk diri sendiri dan memulai bisnis. Bila Anda membuat pekerjaan untuk diri sendiri, begitu Anda berhenti melakukan apa yang Anda lakukan, bisnis – atau pendapatan – berhenti juga. Sebaliknya, ketika Anda membangun bisnis, perusahaan akhirnya menjadi lebih besar dari Anda sendiri dan dapat bertahan hidup tanpa kontribusi harian Anda. Anda akan menikmati hasil bisnis anda tanpa upaya seperti ketika memulainya.
Sekarang untuk menjelaskan teori “UDO”. “UDO” singkatan “Uang Dari Orang Lain. Dalam rangka untuk membangun bisnis yang berkelanjutan, layanan Anda atau menawarkan produk harus mudah diajarkan dan diikuti oleh orang lain. Jika tidak, Anda akan selalu menjadi “bisnis.” Ya anda adalah bisnis itu.
Pada titik ini dalam hidup saya, saya memiliki dan menjalankan dua usaha yaitu: BinaUKM dan Satrio Farm. BinaUKM adalah semua tentang saya, pemikiran, hasil belajar dan pengalian informasi. Ini adalah bisnis yang saya diluncurkan karena saya memiliki inisiatif bisnis untuk juga memberikan manfaat bagi orang lain. Sementara untuk mengelola itu saya telah di bantu tiga karyawan yang bekerja tetap di perusahaan, Usaha ini telah menjadi suatu model berkelanjutan, karena tanpa kehadiran saya sekalipun usaha tetap berjalan dan menghasilkan.
Satrio Farm merupakan suatu bentuk usaha pertanian dan pertenakan yang tidak terbatas pada proses produksi saja, namun juga bergerak dalam penyediaan sarana-sarana pertanian dan peternakan. Peran serta saya dalam usaha ini mesih sangat besar.
Mengapa perbedaan ini begitu penting? Karena membangun bisnis adalah kerja keras. Ini merupakan komitmen utama Anda, sumber daya keuangan, dan modal intelektual. Jika Anda adalah “bisnis,” bila Anda ingin pensiun atau menjual perusahaan, maka nilai usaha menjadi kecil. Tanpa Anda, tidak ada bisnis.
Sebaliknya, sebuah organisasi bisnis yang fungsional tanpa Anda memiliki nilai yang terus berlangsung. Strategi keluar Anda mungkin untuk kesuksesan perusahaan Anda yang akan Anda wariskan kepada ahli waris Anda. Saya melihat banyak perusahaan terus berlanjut hingga generasi ke genrasi. Strategi lain yang mungkin keluar adalah untuk memberikan karyawan Anda kesempatan untuk menjadi bagian dari usaha. Akhirnya, Anda selalu dapat menjual bisnis anda kepada orang lain, atau melanjutkannya kepada generasi selanjutnya.
Tidak ada jawaban benar atau salah untuk skenario bisnis ini. Beberapa orang yang suka dengan pendapatan tetap biasanya tidak ingin membangun bisnis untuk memenuhi kebutuhan pribadinya. Namun, penting untuk mengenali keterbatasan bahwa keputusan awal dalam pengembangan bisnis Anda. Saya telah bertemu banyak pengusaha berhasil yang tidak mampu menjual bisnis mereka atau praktik karena mereka membiarkan diri mereka untuk menjadi bisnis.