selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 12 Januari 2012

Peluang Usaha Rumah Makan / Restoran Keliling

Fenomena yang menarik dalam sektor usaha makanan yaitu semakin banyak dan beragamnya makanan-makanan yang di jajakan dari mulai pedagang kaki lima hingga restoran besar. Masing-masing memiliki keunggulannya sendiri, harga yang murah dan rasa yang relatif dapat diterima menjadi ciri khas rumah makan / restoran kaki lima. Sementara restoran besar lebih mengedepankan rasa, kenyamanan dan ke-ekslusiveannya. Saat ini kita dapat dengan mudah menjumpai para pengusaha sektor makanan ini di hampir semua sudut wilayah. Dari mulai makanan tradisional sampai makanan yang di kategorikan makanan mewah banyak tersedia. Rumah makan / restoran itu tumbuh sumbur seiring dengan semakin tingginya jumlah penduduk, khususnya di kota besar.
Untuk menjadi seorang pengusaha rumah makan / restoran tidak berarti harus menjadi ahli masakan terlebih dahulu. Seorang pengusaha harus lebih menekankan aspek manajerial. Karena sekalipun seorang itu ahli dalam bidang masakan belum tentu dia dapat mengoperasikan usaha rumah makan / restoran. Seorang pengusaha dapat menggunakan tenaga ahli dalam mengelola rumah makan.
Peluang Usaha Terbuka Lebar di Kota Besar
Mencermati semakin padatnya penduduk Jakarta dan beberapa kota besar lainnya membuat tingkat kemacetan semakin tinggi, akibatnya mobilitas penduduk berlomba-lomba dilakukan se-awal mungkin dan mobilitas kembali ke rumah se-akhir mungkin. Prilaku ini berdampak pada budaya dan pola makan penduduk. Di daerah yang masih rendah tingkat kepadatan penduduknya mereka masih dapat memanfaatkan waktu untuk sesering mungkin berada dirumah. Mereka biasanya hanya sesekali memanfaatkan rumah makan / restoran sebagai tempat memenuhi kebutuhan pokoknya. Namun di kota-kota yang padat penduduk, masyarakat lebih cenderung memanfaatkan rumah makan / restoran untuk memenuhi kebutuhan primer mereka yaitu “isi perut”. Hal ini disebabkan terbatasnya waktu yang mereka miliki yang membatasi mereka untuk menikmati makan dirumah atau pun membuat makanan untuk keluarga. Bukankah itu merupakan peluang usaha yang besar, “Semakin padat penduduk, semakin di butuhkan rumah-rumah makan / resetoran untuk memenuhi kebutuhan yang paling dasar dari manusia yaitu makan “
Menangkap Peluang Usaha Rumah Makan / Restoran Keliling
Nah bagaimana menangkap peluang ini. Tentu tidak semudah membalikan telapak tangan, namun dengan keyakinan semua pasti dapat dilaksanakan. Beberapa langkah yang harus diambil dalam memulai usaha rumah makan / restoran keliling.
  1. Rencanakan pilihan lokasi usaha
    • Memilih lokasi usaha rumah makan / restoran keliling bukanlah hal yang sulit, karena rumah makan / restoran keliling bersifat mobile dan tidak menetap sehingga mudah untuk berpindah satu lokasi ke lokasi lainnya.
    • Lokasi yang dituju sebaiknya memiliki target pemasaran yang luas, seperti komplek pertokoan, perkantoran atau daerah-daerah perjalanan titik kemacetan.
    • Jangan terpaku pada satu pilihan, buat beberapa sebagai alternatif bilamana lokasi tersebut tidak dapat ditempati.
    • Cari tau pihak-pihak yang terkait dengan lokasi tersebut.
  2. Kunjungi rumah makan / restoran yang berada di sekitar lokasi pilihan
    • Untuk membaca selera pasar kita perlu melakukan spionase ke beberapa usaha sejenis baik yang permanen maupun non permanen. Lihat rumah makan / restoran keliling yang ramai.
    • Menu dan selera apa yang membuat usaha tersebut disukai oleh pembeli.
    • Harga dan kemasan yang seperti apa yang disukai oleh pembeli
  3. Lakukan analisa jenis makanan yang belum ada / masih dibutuhkan di daerah pilihan
    • Kita dapat membuat rumah makan / restoran keliling dengan menu yang telah ada namun dapat pula mencari ide menu yang lain yang belum ada, namun perlu diperhatikan kesesuian menu dengan kondisi lokasai.
  4. Pilih dan gunakan tenaga kerja yang berkompeten
    • Mengerjakan sendiri lewati langkah ini
    • Menggunakan tenaga orang lain, yups jangan tanggung-tanggung memilih tenaga kerja karena tenaga kerja yang terampil dapat memperingan tugas dan kerja pengusaha.
    • Sesuiakan tampilan pekerja dengan tema rumah makan / restoran keliling, dibeberapa tempat menggunakan tenaga kerja yang cantik atau ganteng mempercepat proses ramainya rumah makan / restoran keliling.
  5. Rencanakan pemenuhan kebutuhan dasar usaha
    • Tentukan kebutuhan dasar usaha, seperti kendaraan, peralatan dan barang pelengkap lainnya.
    • Pilih yang benar-benar dasar jika memiliki anggaran lebih baru siapkan beberapa aksesoris pendukung.
    • Hitung biaya yang akan dikeluarkan, lalu gunakan logika bisnis, apakah perhitungan tersebut layak dan visible untuk di keluarkan
  6. Mantapkan rencana
    • Matangkan rencana dari seluruh sumberdaya yang ada usahakan sudah mendekati 100 % .
  7. Laksanakan
    • Yang terpenting dari ke – 6 langkah tersebut adalah. LAKSANAKAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar