selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 12 Januari 2012

Jenis Produksi Industri Furniture

Jenis produksi furniture kayu untuk tujuan ekspor yang sebagian besar adalah “Job Order”, kualitasnya harus sesuai dengan pemintaan pembeli baik yang manyangkut, ukuran, warna, jenis kayu, kadar air kayu, kenyamanan, aman dan memenuhi persyaratan lainnya.
Kemasan (packaging) adalah merupakan tahap akhir dari proses produksi yang berfungsi untuk melingdungi produk dari resiko kerusakan pada saat pengiriman kepada konsumen. Khusus untuk kemasan produk furniture kayu mempunyai peranan penting karena dengan pengemasan yang bagus akan tetap terjaga kualitas produknya.
Fungsi pengemasan bagi produk-produk mebel kayu adalah sebagai berikut :
a. Untuk mengamankan produk sampai ke tempat tujuan/pembeli
b. Menarik perhatian bagi calon pembeli untuk memiliki produk tersebut
c. Sebagai sarana untuk menaikan harga jual sehingga keuntungan dapat bertambah
Pada umumnya produk-produk mebel mempunyai bentuk berbeda-beda sehingga setiap jenisnya mempunyai persyaratan tersendiri dalam pengemasannya. Pengemasan yang baik untuk produk mebel adalah dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a. Untuk mencegah adanya kerusakan/gesekan, kemasan harus tepat ukurannya sehingga dapat mengurangi resiko lecet/tergores.
b. Setiap komponen dari produk-produk furniture tersebut hendaknya benar-benar kuat pengemasaannya sehingga tidak mengalami perubahan bentuk selama dalam perjalanan/pengiriman.
c. Menggunakan bahan peredam secara baik dan benar untuk melindungi sudut-sudut/pinggiran atau bagian lain yang menonjol agar aman terhadap goncangan.
d. Tersedia ruang antara, yaitu antara diding bagian dalam dari kemasan dengan permukaan barang yang dikemas, dengan memakai pelindung pada tepi penyekat dengan bahan -bahan yang agak lunak/lembut guna melindungi dasar dari barang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar