selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 12 Januari 2012

Menjadi Bos Untuk Diri (Langkah Awal Menjadi Seorang Pengusaha)

Menjadi Bos buat diri sendiri ?. sepertinya hal ini menjadi idaman bagi setiap orang, bayangan akan kenikmatan hidup menjadi dorongan kuat bagi seseorang untuk berimajinasi betapa nikmatnya menjadi bos bagi diri sendiri. Walaupun ada pendapat bahwa semua orang bisa menjadi pengusaha, namun apakan pilihan menjadi pengusaha adalah pilihan yang tepat, untuk melihat keuntungan dan kerugian menjadi pengusaha akan kita bahas dalam artikel di bawah ini.
Anda tidak hanya perlu menilai apakah ide anda adalah proposisi bisnis yang layak, tetapi Anda juga akan perlu mengetahui apakah hal itu merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Apakah Anda membutuhkan rasa aman atas pekerjaan anda ? apakah hal tersebut dapat memberikan Anda kepuasan pekerjaan yang lebih? Apa pekerjaan anda akan sesuai dengan gaya hidup Anda? Apakah Anda seorang pengambil resiko? Apakah Anda pandai dalam mengelola orang, keuangan dan operasi? Apakah Anda memiliki pengetahuan yang cukup baik dalam bidang pekerjaan itu? Adakah anda keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan apa yang Anda ingin lakukan?
Tujuan yang jelas adalah kunci sukses bagi usaha anda. Anda harus benar-benar jelas tentang apa yang Anda inginkan dengan memiliki bisnis Anda sendiri dan memastikan bahwa tujuan Anda adalah realistis sebelum melanjutkan lebih jauh. Pikirkan tentang hal berikut: risiko, uang, jam kerja dan pola kerja, pengembangan pribadi dan prestasi, kemandirian.
Untuk membantu refleksi diri Anda, berikut adalah daftar dari beberapa keuntungan dan kerugian menjadi bos bagi diri sendiri:

Keuntungan Menjadi Seorang Pengusaha / Wirausaha

  • Fleksibilitas – Anda bisa jauh lebih mudah untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi ketika Anda tidak memiliki kewajiban melaporkan apa yang adna kerjakan kepada orang lain. Tergantung dari sifat dan tuntutan bisnis, Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan dan Anda dapat melakukan bila menginginkannya.
  • Anda yang memegang kendali / kontrol – sebagai karyawan, tidak ada hal yang lebih menyebabkan frustrasi selain bila anda memiliki ide atau saran namun ide atau saran tersebut ditolak, ataupun rasa pada diri anda bahwa Anda tidak memiliki tanggung jawab cukup atau ruang untuk berinisiatif dalam pekerjaan Anda, sehingga menjadi bos bagi diri sendiri menempatkan Anda pada posisi yang jelas dalam melakukan sesuatu hal. Perencanaan dan pengambilan keputusan adalah semua menjadi hak Anda.
  • Rasa prestasi – membangun sesuatu hal sendiri dapat membawa kepuasan yang luar biasa dan dapat menunjukan prestasi anda secara pribadi. Banyak orang yang bekerja merasa bahwa saat mereka mencapai suatu tahap di mana mereka merasa terbatas dan tidak mampu mencapai potensi penuh mereka dalam pekerjaan mereka, sehingga menjalankan bisnis sendiri dapat menjadi sarana kemajuan karir dan tantangan bagi diri anda.
  • Kenikmatan – untuk semua alasan di atas, menjalankan bisnis Anda sendiri merupakan suatu hal yang menyenangkan, terutama jika Anda sangat memahami apa yang ada kerjakan. Anda dapat memilih apa yang ingin Anda ingin lakukan, dan Anda dapat melakukan apa yang anda ingin lakukan.
  • Penghargaan Keuangan – jika Anda berhasil atas bisnis anda tersebut dapat memberikan kebebasan financial bagi anda.
Tentu ada dua sisi dalam kehidupan, ada keuntungan namun ada juga kerugian.
  • Waktu kerja tidak terbatas – sebagai pengusaha apa yang anda investkan buat usaha anda maka akan menimbulkan kemungkinan keuntungan bagi anda, namun juga memiliki kemungkinan seluruh waktu anda akan tersita.
  • Apakah Anda benar-benar mengendalikan? – Kecuali jika Anda belum meminjam uang untuk mendirikan bisnis Anda, Anda mungkin tidak benar-benar memiliki banyak kekuasaan membuat keputusan seperti yang Anda bayangkan. Anda akan memiliki tanggung jawab untuk investor yang akan ingin memastikan bahwa saham keuangan mereka dijaga, sehingga Anda mungkin menemukan diri Anda harus menjelaskan rencana Anda dan keputusan untuk mereka.
  • Tanggung jawab dan stres – yang bertanggung jawab atas perusahaan adalah tanggung jawab besar dan karena itu membutuhkan banyak komitmen dan dedikasi dari Anda. Tekanan bahwa ini membawa dapat banyak dan dapat mengakibatkan stres, baik dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda, sebagai tanggung jawab pribadi yang datang dengan memiliki bisnis Anda sendiri berarti bahwa Anda lebih mungkin untuk membawa pulang stres Anda dengan Anda.
  • Kegagalan – tidak ada yang sempurna dalam bisnis – kegagalan hanya bagian dari menjalankan perusahaan. Tidak semuanya akan bekerja keluar sebagai Anda berniat dan ada kemungkinan akan tantangan berat di sepanjang jalan, sehingga Anda akan perlu dipersiapkan untuk menghadapi kegagalan dan memahami bagaimana untuk belajar dari kesalahan Anda untuk mengubahnya menjadi keberhasilan waktu berikutnya.
  • Multi-Skilling – Anda akan perlu sedikit dorongan atas semua usaha untuk membuat bisnis Anda sukses, terutama pada hari-hari awal jika Anda orang yang hanya bekerja untuk perusahaan. Ini berarti baik di penjualan, pemasaran, administrasi dan akuntansi, misalnya, serta mengelola bisnis inti Anda. Jadilah realistis tentang apa keahlian Anda dan apakah Anda akan mampu menjalankan sebuah perusahaan sukses.
  • Kurang keamanan pekerjaan – bila Anda menyerah kerja untuk mendirikan bisnis sendiri, Anda akan kehilangan tidak hanya keamanan pekerjaan Anda, tetapi juga tunjangan banyak yang sering datang dengan bekerja untuk perusahaan lain seperti skema pensiun, kesehatan, diskon perusahaan dan keuangan lainnya bonus.
Ada banyak faktor untuk menimbang-nimbang dan keputusan Anda akan didasarkan ada kebutuhan pribadi Anda, motivasi dan tujuan serta orang-orang dari bisnis yang direncanakan. Ini telah menjadi hal yang tepat untuk Anda. Tentu saja, Anda tidak perlu mengambil risiko sepenuhnya untuk memulai dengan – pilihan yang aman dapat mengatur paruh waktu awalnya untuk menguji, jika hal ini memungkinkan untuk jenis bisnis Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar