selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Sabtu, 14 Januari 2012

French Fries Ubi Jalar

French fries atau kentang goreng meskipun bukan makanan yang asal Indonesia namun hamper sebagian masyarakat Indonesia tentunya mengenal camilan yang satu ini. Makanan yang penyajiannya digoreng ini biasanya dibuat dari kentang, yaitu berupa kentang goreng setengah matang yang dibekukan selanjutnya penggorengan kentang tidak sampai garing, tapi hanya sampai setengah matang. Ubi jalar juga dapat diolah menjadi french fries. Tentu saja bentuk, warna dan rasanya tidak sama dengan french fries yagn terbuat dari kentang. French fries ubi jalar dapat dijadikan alternatif di samping french fries kentang. Ketersediaan ubi jalar yang melimpah serta cara pengolahan yang mudah dan murah dapat menjadikan French fries ubi jalar ini sebagai peluang usaha rumahan. Produk olahan ubi jalar ini dapat dikemas dalam bentuk setengah matang ataupun bentuk camilan matang yang siap santap.
Karena sudah mengalami pemasakan pendahuluan, penyiapannya untuk konsumsi lebih cepat dan mudah. Ubi olahan beku ini dapat digunakan sewaktu-waktu sebagai cemilan setelah dimasak ulang lagi. Berikut kita ulas lebi jauh cara pembuatannya.
BAHAN
  1. Ubi jalar (dianjurkan varietas Borobudur).
  2. Larutan natrium bisulfit atau natrium meta bisulfit
  3. Larutan natirum pirofosfat + Kalsium khlorida 1%
PERALATAN
    • Pisau dan talenan
    • Wadah perendam
    • Panci
    • Lemari pembeku.
CARA PEMBUATAN
Pembuatan friend fries ubi jalar ini kurang lebih sama dengan pembuatan kentang goring, tahapannya sebagai berikut :
  1. Pemotongan.
Tahap awal umbi ubi jalar dicuci, kemudian dikupas, dan dicuci kembali. Setelah itu umbi dipotong-potong berbentuk memanjang dengan ukuran tinggi 10 cm, atau sesuai dengan ukuran umbi yang tersedia; lebar dan panjang 1 cm.


  1. Sulfitasi.
Selanjutnya potongan umbi direndam di dalam larutan natrium bisulfit atau larutan natrium metabisulfit 300 ppm selama 15~20 menit.
  1. Pemanasan ringan I.
Pemanasan dilakukan dalam dua tahap, pertama Natrium pirofosfat + Kalsium khlorida 1% dipanaskan sampai suhu 65°C. Kedalam larutan hangat tersebut dicelupkan potongan ubi jalar selama 30 menit sambil diaduk pelan-pelan.
  1. Pemanasan ringan II.
Pemanasan kedua dilakukan dengan cara Larutan natrium pirofosfat + Kalisium khlorida 1% yang lain dipanaskan sampai suhu 100°C. Potongan umbi yang sudah mendapat pemanasan ringan I segera diangkat dan dicelupkan ke dalam larutan yang disiapkan ini selama 5 menit sambil diaduk pelan-pelan. Setelah itu umbi didinginkan dan ditiriskan.
  1. Pembekuan I.
Setelah umbi dingin, bahan segera dibekukan sampai suhu mencapai -20°C.
  1. Penggorengan.
Bahan digoreng pada suhu 175°C selam 2 menit sambil diaduk pelan-pelan, kemudian diangkat, ditiriskan dan didinginkan. Setelah dingin, bahan dikemas di dalam kantong plastik,dan segera dibekukan pada suhu -20°C sebagai frenc fries ubi jalar.
  1. Penyiapan untuk konsumsi.
French fries beku dikeluarkan dari lemari pembeku (freezer), dan dibiarkan sampai tidak terlalu dingin. Selanjutnya bahan ini dapat dipanggang pada oven, atau dicelupkan sebentar di dalam minyak panas. Bahan ini dapat dibumbui dengan cabe, merica, dan lain-lain sesuai dengan selera. Produk siap dipasarkan.
Produk ini bisa dipasarkan dalam bentuk setengah jadi (setetngah matang ) yaitu produk yang belum digoreng ataupun dalam bentuk siap santap (sudah digoreng) dilengkapi dengan aneka bumbu ppilihan sebagai variasi penyajiannya

2 komentar:

  1. Halo Mas Bento, perkenalkan saya Lisa mahasiswi S2 jurusan Biomedik. Saat ini saya dan teman2 sedang menerjakan thesis dan ada seorang teman yang sangat membutuhkan natrium pirofosfat dalam jumlah yang sangat kecil (hanya 6 g) saja. Apabila membeli di suppplier/toko kimia tersedia dalam kemasan 1/2 kg yang sangat mubazir dan mahal. Sekiranya Mas Bento memiliki persediaan natrium pirofosfat, apakah boleh saya membelinya sedikit saja? Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  2. Mas bento klo saya mo tamya tanya lbh detail lgi ttg frozen sweet potato ini boleh?misnya u merendam dgn metabulsif 300 ppm itu,airnya berapa liter,maximal kaoasitas ubi berapa bnyk.kmn sy bs hubungi anda.thks

    BalasHapus