selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Selasa, 17 Januari 2012

Membuat Cabai Bubuk


Halo NCCers…
Tempo hari saya sempat tanya gimana cara bikin bubuk cabai yang oke. Trus mbak Syl di Mandalay dengan cepat merespon dgn link VisualRecipes.com ini.
Nhaaa… saya sudah praktek nih, dan inilah laporannya yaaa, mbak Syl dan temen2 NCC semua. (Saya tulis singkat langkah2 sesuai dgn yg di link tsb). Sebelumnya, hihihii… maklumilah pemula ini. Bikin bubuk cabai aja laporan, hehehe.
Caranya:
  1. Bersihkan cabai kering: buang bagian pangkal dan tangkai, bagian2 yg busuk, dan biji-bijinya (ternyata cabai kering masih bisa mengandung ulat2 kecil yg masih hidup lho ….iih).
  2. Potong-potong cabai yg sudah bersih kira2 sepanjang ruas jari.
  3. Panaskan wajan (boleh penggorengan biasa, boleh wajan dadar. Saya pakai wajan dadar dr bahan teflon).
  4. Setelah wajan cukup panas, masukkan cabai dan aduk-aduk sampai keluar aroma yg khas dan cabai kelihatan cukup kering tetapi warnanya masih merah. Lalu segera angkat wajan dari kompor, dan pindahkan cabainya ke wadah ceper supaya cepat mendingin.
    Cabai kering yg disangrai cepat sekali gosong, jadi jangan sekali-kali ditinggal dan perlu diaduk-aduk terus (pengalaman nih…cabai saya kemarin gosong 1/4 bagian, sampai hitam dan menimbulkan bau yg bikin bersin2 seisi rumah..hihihi. Alhasil yg gosong harus dibuang deh).
  5. Setelah cabai dingin, haluskan dgn blender/food processor (saya pakai blender yg biasa untuk membuat jus. Di link tsb dipakai blender jenis ini juga). Untuk hasil yg halus, memblendernya perlu agak lama. Oke..cabai bubuk sudah jadi dan siap digunakan. Saya lampirkan penampakannya (masih kurang halus tuh..).
Cabai saya cabai merah besar, hasil yg didapat aromanya nggak terlalu menyengat.

4 komentar:

  1. jadi cuman pake penggorengan ya....(bukan oven gitu). maturnuwun infonya.....

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. cm di sangrai,g ple minyak gan,,,
      selamat mencoba,,

      Hapus
  3. Supaya hasil tetap merah perlu pakai bahan tertentu ngak ya? Dan itu yg di sangrai cabai masih keadaan basah atau kering? Bls

    BalasHapus