selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 12 Januari 2012

Strategi Pemasaran Bisnis Rumahan

Kini perkembangan bisnis rumahan telah berkembang pesat dan tetap akan mengalami perkembangan di masa mendatang, karena akan bermunculan aneka peluang usaha baru dan langkanya pekerjaan di sektor formal.
Memulai bisnis pada bisnis rumahan memang bukan hal yang terlalu sulit untuk dijalankan. Namun, yang tidak kalah penting yaitu strategi pemasaran bisnis rumahan Anda. Jika Anda ingin sukses dalam lingkungan yang kompetitif, maka Anda harus memperhatikan cara-cara bagaimana yang harus Anda tempuh untuk menuju kesuksesan bisnis. Salah satunya adalah pemasaran. Pemasaran merupakan proses yang berkelanjutan dan Anda harus memastikan bahwa bisnis berbasis rumahan diperlukan pusat perhatian sepanjang waktu. Dan tujuan pemasaran itu sendiri adalah menjual produk maupun jasa dengan memberikan keuntungan yang maksimal.
Suatu bisnis tidak akan bisa sukses, kecuali Anda menciptakan kesadaran yang cukup dan membuat orang berbicara tentang produk atau jasa Anda. Berikut adalah strategi pemasaran untuk membantu kesuksesan bisnis Anda :
1. Dari
Salah satu strategi pemasaran yang paling ampuh untuk meyakinkan customer adalah dari mulut ke mulut. Kekuatan gaya marketing ini terletak pada cara persuasif yang Anda gunakan untuk meyakinkan customer. Ketika Anda mampu memberikan yang terbaik pada customer, maka satu customer ini akan menjadi loyal dan menyebarkan berita bagus tentang produk dan jasa Anda kepada customer-customer lain disekitarnya. Selain hal tersebut, gaya pemasaran ini tidak membutuhkan budget yang besar. Karena sifatnya lisan, maka dari mulut ke mulut ini harus bisa mempengaruhi emosi dan pikiran customer. Selanjutnya, dari mulut ke mulut ini harus dibuat mengakar di level batin terdalam customer. Gaya marketing lisan dari mulut ke mulut akan menjadi sangat efektif bila Anda lakoni dengan kekuatan empati, intuisi, dan sikap baik Anda.
2. Secara Online
Meski bisnis Anda belum besar dan dilakukan di rumah, tidak menutup kemungkinan untuk melakukan promosi secara online. Karena pemasaran secara online dirasa sangat penting dalam era teknologi modern saat ini. Langkah pertama untuk pemasaran online adalah Anda harus memiliki home base di Web. Tidak menjadi masalah jika Anda memiliki blog atau website akan memberikan sebuah alamat di mana orang dapat dengan mudah menemukan dan merupakan cara yang nyaman untuk merujuk kepada Anda. Merupakan hal penting bahwa Anda memiliki sebuah situs web, karena salah satu modal yang profesional untuk bisnis Anda. Sebuah website yang dirancang dengan baik akan membuat bisnis Anda tampak besar, profesional dan terorganisir. Memiliki sebuah website memiliki beberapa keunggulan seperti iklan gratis untuk produk Anda, menginformasikan pelanggan tentang perubahan produk, informasi mengenai tawaran khusus, promosi dan diskon yang tersedia.
3. Cantumkan alamat pada produk Anda
Cantumkan URL website Anda, alamat dan nomor telepon Anda pada semua produk dan barang cetakan yang keluar dari bisnis Anda seperti surat, amplop,label, faks dan faktur. Ini merupakan cara yang mudah untuk iklan bisnis Anda dan menjaga image Anda di mata customer secara terus-menerus.
4. Iklan di media lokal
Iklan di media lokal dapat memainkan peran penting dalam mempromosikan bisnis rumah Anda. iklan teks kecil tidak membutuhkan banyak biaya. Iklan ini pasti akan menciptakan kesadaran pada masyarakat setempat tentang bisnis Anda. Kirim siaran pers regular secara rutin. Dapatkan pers lokal yang tertarik dalam bisnis Anda di rumah dan minta mereka untuk menulis berita bagaimana manfaatnya bagi masyarakat setempat. Jika Anda memiliki budget yang lebih, lakukan Anda melalui radio, karena dapat lebih efektif.
5. Flyers/Selebaran
Flyers atau selebaran adalah bentuk sederhana dari brosur. Yang membedakannya adalah terletak pada isi atau tema yang ada dalam desainnya. Brosur biasanya hanya menonjolkan kelebihan utama sebuah produk. Sedang flyer biasanya berisi tentang program khusus yang sifatnya sementara (temporary). Jadi bila Anda sedang melakukan program cuci gudang, program berhadiah atau memberikan diskon khusus, maka buatlan flyer. Flyers atau selebaran biasanya menggunakan kertas cetakan yang lebih murah karena memang sifatnya yang harus segera disebarkan kepada orang banyak dalam waktu tertentu dan hanya selama program berlangsung.
6. Brosur
Brosur adalah media yang paling banyak digunakan oleh mereka yang sudah lama menggeluti usaha/bisnis. Media ini termasuk sangat efektif dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk. Efektif disini tidak hanya berarti memerlukan ongkos produksi yang cukup ringan, tapi juga bisa meyakinkan konsumen untuk segera melakukan Action membeli. Media cetakan dalam bentuk brosur biasanya merupakan modal paling dasar/pokok yang digunakan oleh para salesman, agen penjualan, produsen dan toko untuk bisa menginformasikan kepada konsumen mengenai keunggulan utama dari sebuah produk . Di dalam brosur kita bisa menjelaskan dengan detail apa saja kelebihan suatu produk, keuntungan apa saja yang didapat konsumen bila membeli produk tersebut, bentuk fisik, warna,  ukuran serta bagaimana cara mendapatkan produk tersebut. Fungsi dan sifat utama brosur adalah memperkenalkan produk atau merek dagang barang atau jasa yang Anda jual.
7. Kartu Nama/Business Card
Kartu nama/business card sebuah perusahaan terkadang sering dianggap sepele dan kebanyakan orang membuatnya secara asal-asalan. Mereka menganggap bahwa membuat kartu nama sebuah perusahaan hanyalah sebagai sarana agar orang dapat menghubungi perusahaannya. Padahal kartu nama/business card ini dapat digunakan sebagai alat pemasaran atau sarana advertising usaha Anda.  Dengan , Anda bisa membuat seseorang yang menerimanya mengingat Anda, kemudian membuatnya termotivasi untuk mau berbisnis dengan Anda. juga bisa menyampaikan pesan tentang apa yang sekarang Anda kerjakan dengan jelas. Ringkasnya, bisa mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk Anda. 
Pemasaran bisnis berbasis rumahan, harus dilihat dalam perspektif yang tepat, dan keberhasilan Anda akan sangat tergantung pada seberapa efisien Anda menangani aspek yang paling penting dari bisnis Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.
Sumber gambar : http://www.jokosusilo.com/wp-content/uploads/2010/11/strategi-pemasaran.jpg dan http://www.readystok.com/img/p/87-137-thickbox.jpg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar