selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 12 Januari 2012

Cara Membuka Usaha Katering

usaha katering
Usaha catering sering dibutuhkan masyarakat dalam berbagai acara hajatan. Seperti acara pernikahan, ulang tahun, syukuran, seminar, atau workshop yang membutuhkan jasa catering untuk menyediakan makanan dalam jumlah yang cukup banyak. Ini menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan, karena tingkat kebutuhan pasar masih sangat besar.
Usaha makanan memang tidak ada matinya, ini yang menjadi alasan para pelaku bisnis catering sebelum mereka memutuskan untuk memilih bisnis yang digelutinya saat ini. Seiring dengan kebutuhan makanan, prospek usaha catering juga semakin meningkat.
Konsumen
Target pasar usaha catering adalah pemilik hajatan pernikahan, anak-anak yang mengadakan pesta ulangtahun, kantor-kantor yang mengadakan seminar atau workshop,dll.
Info bisnis
Karena usaha makanan memproduksi makanan dalam jumlah yang cukup banyak, sebaiknya carilah tambahan tenaga kerja agar usaha Anda dapat berjalan lancar. Usahakan pilih karyawan yang memiliki keahlian untuk memasak, menjaga kebersihan makanan, dan mengetahui cara menciptakan rasa makanan yang enak.
Selanjutnya persiapkan peralatan yang dibutuhkan, misalnya saja alat masak, alat penyajian makanan, dan alat makan. Sehingga Anda bisa memberikan layanan satu paket, dari mulai penyediaan makanan sampai penyewaan peralatan makan untuk pesta.
Kelebihan bisnis
Kabutuhan masyarakat akan makanan masih sangat besar, karena sampai kapanpun manusia butuh makan. Selain itu semakin banyak wanita yang bekerja atau memiliki kesibukan lainnya, sehingga mereka lebih memilih jasa catering dibandingkan harus memasak sendiri untuk acara mereka. Ini menjadi peluang besar bagi pelaku usaha catering, untuk mencari keuntungan.
Kekurangan bisnis
Kendala yang sering dihadapi bisnis catering adalah persaingan bisnis yang cukup ketat. Sehingga Anda harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen, agar mereka tidak pindah ke usaha catering lainnya.
Pemasaran
Promosi usaha catering dapat dilakukan dengan membagikan brosur atau pamflet dilingkungan sekitar Anda. Selain itu Anda juga bisa memasang iklan melalui media massa, seperti radio, dan surat kabar yang ada di kota Anda. Namun strategi pemasaran yang paling efektif adalah pemasaran dari mulut ke mulut, oleh karena itu berikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen dan biarkan mereka yang memasarkan produk catering Anda kepada orang lain.
Promosi melalui kartu nama, mencantumkan nama usaha di tissue makan, peralatan makan yang disewakan, dan kardus makanan, bsisa dijadikan sebagai alternatif bagi Anda untuk mempromosikan bisnis ini.
Kunci sukses
Apabila makanan kita enak, maka konsumen akan kembali lagi memesan jasa catering Anda. Oleh sebab itu, jaga kualitas cita rasa makanan yang Anda masak. Selain itu jaga kebersihan makanan, dan peralatan yang digunakan. Karena akan memberikan image tersendiri bagi para konsumen.
Analisa Ekonomi
Analisa Ekonomi
Estimasi 1x pesanan untuk 200 orang
Biaya operasional pesanan 200 orang
Bahan baku snack                       = Rp   700.000,00
Bahan baku nasi box                    = Rp 1.000.000,00
Biaya gas,transportasi, dan kardus    = Rp   200.000,00+
Total pengeluaran                     = Rp 1.900.000,00
Omset pesanan 200 orang
Snack : 200 x Rp 5.000,00       = Rp 1.000.000,00
Nasi box : 200 x Rp 10.000,00   = Rp 2.000.000,00+
Total pemasukan                 = Rp 3.400.000,00
Laba bersih per pesanan    
= Rp 3.400.000,00 - Rp 1.900.000,00
= Rp 1.500.000,00
Sumber gambar : http://www2.ilmci.com/wp-content/uploads/2010/08/katering-makanan.jpg dan http://media1.id.88db.com/DB88UploadFiles/2008/08/29/B0BAFB77-F51C-4220-ADED-766132E7D020.jpg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar