selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 12 Januari 2012

Tips Pemasaran Usaha Makanan

pelayanan
Industri makanan merupakan industri yang saat ini mampu menduduki tingkat atas. Industri ini sangat bepotensi dan hampir tak ada matinya. Bisnis yang memiliki prospek dan dapat berkembang dengan cepat ini dapat mendatangkan keuntungan yang besar jika di rencanakan, di kelola dan di atur secara baik.
Banyaknya usaha makanan yang banyak bermunculan membuat persaingan semakin besar. Dan tak dapat dipungkiri bahwa hal ini juga bisa menjadi faktor kegagalan dalam menjalankan usaha makanan. Hal-hal seperti resiko, tantangan, sebab, realitas sampai pada sistem yang dijalankan harus tepat sehingga dapat menyelesaikan masalah dan bukan justru menambah resiko semakin berat.
Salah satu sistem yang harus diperhatikan dalam menjalankan sebuah usaha, khususnya usaha makanan yaitu pada aspek pemasaran. Dalam membuka sebuah usaha, apalagi yang kita harapkan selain kedatangan pengunjung yang nantinya pasti akan mendatangkan income bagi usaha tersebut. Itu mengapa pemasaran usaha merupakan salah satu elemen penting yang harus disiapkan dalam menjalankan usaha makanan, tidak saja bagi usaha yang baru mulai tetapi juga untuk usaha yang sudah berjalan agar semakin berkembang.
Untuk itu, ada beberapa strategi dalam pemasaran yang perlu diketahui. Berikut kami berikan beberapa tips pemasaran usaha makanan yang dapat Anda coba.:
1. Buatlah nama untuk bisnis makanan Anda semenarik mungkin
Pilih nama yang menarik, unik, dan mudah diingat oleh para konsumen. Karena nama usaha menjadi image yang akan tertanam pada konsumen, sehingga mereka mudah untuk mengingat usaha Anda.
2. Berikan potongan harga untuk event – event tertentu
Memberikan potongan harga pada event – event tertentu seperti pada saat grand opening bisnis Anda, atau pada saat ulang tahun usaha tersebut. Selain itu Anda juga dapat memberikan paket harga khusus pada saat hari – hari tertentu, misalnya memberikan harga paket keluarga di hari – hari liburan, maupun hari raya seperti lebaran, atau tahun baru
3. Perkenalkan bisnis Anda pada masyarakat
Untuk mengenalkan bisnis makanan Anda pada masyarakat, dapat dilakukan dengan membuat event dan mengundang masyarakat luas untuk berkunjung ke bisnis makanan yang Anda miliki. Selain itu pemasaran juga bisa dilakukan dengan mengambil karyawan lokal yang ada di sekitar lokasi usaha Anda, secara tidak langsung karywan Anda akan mempromosikan tempat kerja mereka kepada kerabat serta rekan mereka.
4. Menciptakan inovasi pada menu – menu yang ditawarkan
Manusia memiliki sifat mudah bosan, oleh karena itu ciptakan selalu menu-menu baru baik dari segi jenis, rasa maupun hanya sekedar perubahan tampilan, agar pengunjung memiliki banyak pilihan jika berkunjung ke usaha makanan milik Anda.
5. Meningkatkan kualitas pelayanan
Pada dasarnya proses pelayanan adalah hal yang sangat penting, pelayanan yang baik akan memberikan kesan yang baik. Dan pengunjung pun akan merasa senang jika dilayani dengan ramah dan memuaskan.
sumber gambar: http://meok.detik.com/images/content/2009/07/24/484/Peking-Duck01.jpg & http://3.bp.blogspot.com/_M16Y_XSUFdM/TKVYDusZyII/AAAAAAAAAZk/LH8eWCER79A/s1600/0207_roemah_nenek_cafe___resto_2.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar