peluang-usaha-sabun.gifSalah satu peluang usaha yang bisa kita raih dari kebutuhan sehari-hari adalah sabun. Benda yang satu ini tidak pernah ketinggalan pada saat kita membersihkan badan. Rasanya kurang bersih apabila mandi tidak menggunakan sabun. Dewasa ini jenis sabun yang tersedia dipasaran makin beragam, yang sudah kita kenal adalah jenis sabun padat dan sabun cair. Untuk sabun padat sendiri jenisnya sangat variatif, yaitu dibedakan dari jenis, warna, wewangian dan manfaat tertentu yang ditambahkan. Kebutuhan akan sebun akan selalu ada dan terus bertambah, karena pengguna sabun akan selalu bertumbuh. Sebuah peluang usaha / bisnis yang menarik bukan?
Salah satu jenis sabun yang menjadi tren adalah jenis sabun transpran. Jenis sabun yang pembuatannya ditambahkan gliserin ini menghasilkan busa lebih lembut di kulit dan penampilannya lebih berkilau dibandingkan denga sabun jenis yang lain.peluang-usaha-sabunku.gif
Tingkat kebutuhan terhadap benda ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi menjadi salah satu alasan bahwa pembuatan sabun transparan ini pantas dilirik sebagai peluang usaha. Dengan tampilan yang lebih menarik dan terkesan lebih ekslusif , bisnis ini tak kalah bekilaunya dengan produk sabun yang dihasilkan.
Sabun Transparan
Bahan :
Asam Stearat 4.700 gr
Minyak 2 kg
NAOH 30% 2,03 kg
Gliserin 1,3 kg
Etanol 1,5 kg
Gula pasir 750 gr
Cocoamide DEA 300 gr
NaCL 20 gr
Asam Sitrat 300 gr
Air 450 ml
Cetakan persegi (25x17x5 cm) 4 buah
Cara Pembuatan :


  1. Cairkan Asam stearat pada suhu 60 C selama 15 menit, kemudian tambahkan minyak dan aduk hingga merata.
  2. Jika suhu sudah mencapai 70-80 C tambahkan NaOH dan aduk selama 2-4 menit hingga terbentuk sabun
  3. Tambahkan gliserin, gula, asam sitrat, etanol, cocoamide DEA, NaCL dan air. Pengadukan terus dilakukan hingga campuran menjadi homogen sekitar 7-10 menit.
  4. Tuangkan campuran ke dalam cetakan dan diamkan selama 24 jam hingga sabun mengeras
  5. Keluarkan sabun transparan dasar yang telah mengeras dari cetakan dan simpan dalam kardus
Dari olahan bahan-bahan tersebut diatas akan dihasilkan bahan dasar sabun transparan sejumlah 8,5 kg. Dari bahan ini untuk tahap selanjutnya dilelehkan terlebih dahulu pada sushu 70 C kurang lebih selama 30- 60 menit ataupun diberikan bahan-bahan lain untuk menghasilkan manfaat tertentu (akan kita bahan pada bagian selanjutnya).Untuk menghasilkan sabun transparan dasar selanjutnya tambahkan pewarna dan pewangi sesuai dengan keinginan.Selanjutnya sabun dapat dikemas dan siap untuk dipasarkan.
Selamat mencoba….