selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 12 Januari 2012

Cara Pembuatan Cat Tembok

Perkembangan dunia cat saat ini begitu inovatif dengan mengarah ke sistem basis air. Kimiawan-kimiawan terus mengembangkan agar cat basis air mempunyai kekuatan yang sama dengan cat basis minyak, saat ini cat basis air telah digunakan untuk mengecat kayu, besi dan sudah digunakan pula untuk mengecat mobil. Disamping diharapkan lebih murah bila dibanding sistem basis minyak, cat basis air lebih ramah lingkungan, tidak mudah terbakar dan bau tidak menyengat. Khusus cat tembok memang dari dulu tetap berbasis air tapi telah mengalami yang inovasi-inovasi lebih baik dengan penambahan zat, yang diharapkan cat tembok lebih sempurna diantaranya dengan memberikan zat anti jamur. dll. Bila kita amati cat tembok merupakan cat yang paling banyak penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk memproduksi cat tembok dapat kita lakukan sendiri, mulai dari skala kecil sampai skala besar. Dalam skala kecil pun dapat dihasilkan produk cat tembok yang berkualitas sama dengan cat yang diproduksi di pabrik besar. Bahan baku untuk pembuatan cat tembok sangat mudah didapat dalam jumlah eceran dan dengan harga yang murah.
KOMP0SISI BAHAN
1. Aquades
2. Nitrocelulose 5 g,
3. Kalsium karbonat
4. Silicone base 6 g,
5. Polymer acrylic secukupnya
6. Pine oil 10 g,
7. Syisil liquid secukupnya
8. Surfaktan
9. Titanium dioxide 70 g,
10. Pewarna secukupnya.
Peralatan yang dibutuhkan : wadah, pengaduk
Prosedur pembuatan
1. Aquadest + Nitroselulosa di aduk rata
2. (1) + Kalsium karbonat sedikit demi sedikit sambil tercampur rata
3. (2) + Polymer acrylic aduk rata
4. (3) + Pine oil aduk rata
5. (4) + TiO2 aduk rata sampai homogen
6. (5) + Pewarna yang anda sukai aduk rata
7. Siap di kemas
Catatan :
Untuk warna-warna gelap seperti merah gelap, biru gelap dll.
Bila ingin cat warna putih TiO2 jawaban satu-satunya.

1 komentar:

  1. Maaf Gan....sy mau membuat cat tembok dengan kemasan kaleng spray sprt cat pilox spray, kira2 posible atau gak ya Gan....? thanks

    BalasHapus