peluang-usaha-sabun-tranpar.gifSelain peluang usaha yang cukup besar dalam bidang bisnis pembuatan sabun, terdapat berbagai peluang usaha lain, yaitu mencoba menangkap peluang usaha pembuatan sabun hotel. Tentu jika setiap kali kita menginap di hotel maka seluruh peelengkapaan mandi telah di siapkan salah satunya Sabun. Sabun hotel biasanya agak sedikit berbeda dengan sabun yang digunakan di rumah tangga. Selain ukurannya yang lebih kecil, sabun hotel biasanya tidak menggunakan merk umum. Usaha sabun hotel dapat dilakukan oleh usaha kecil dan Menengah UKM.
Setelah sebelumnya kita telah membahas potensi berbisnis sabun transparan, masih ada peluang lain yang cukup menjanjikan yaitu berbisnis sabun untuk keperluan Hotel. Dengan pertimbangan digunakan dalam waktu yang singkat dan setiap hari selalu diganti, maka ukuran sabun yag digunakan relatif lebih kecil dibandingkan dengan jenis sabun biasa. Sabun untuk keperluan tersebut dibuat dengan ukuran berat bersih 30 kg.peluang-usaha-sabun-tranpar.gif
Dengan semakin berkembangnya gaya hidup manusia, keberadaan Hotel tidak hanya digunakan oleh orang-orang yang berpergian jauh. Bahkan di kota-kota besar seperti jakarta, banyak diselenggarakan acar baik yang bersifat untuk kepentingan pribadi atau keluarga maupun acara-acara dari perusahaan. Dengan kondisi demikian tidak diragukan lagi bahwa peluang usaha pembuatan sabun untuk Hotel memiliki prospek yang cerah.
Sabun untuk Hotel
Bahan :
Bahan dasar sabun (base soap) (telah dijelaskan pada bag. 1) 10 kg
Pewarna (cosmetic grade) 0,5 gr
Pewangi 90 gr
Cetakan Paralon (diameter 5,5 cm ; panjang 30 cm)
Cara pembuatan :
  1. Masukkan bahan sabun transparan dasar ke dalam tangki pemanas yang sedang dipanaskan
  2. Lelehkan sabun dasar pada suhu 70 C selama 45-60 menit. Saat bahan sabun dasar setengah meleleh, pengadukan dimulai secara perlahan hingga sabun transparan dasar meleleh sempurna
  3. Kemudian tambahkan pewarna dan pewangi, sambil sabun terus diaduk hingga merata / homogen.
  4. Tuangkan campuran tersebut ke dalam cetakan dan diamkan selama 12 jam hingga sabun mengeras
  5. Keluarkan sabun transparan yang telah mengeras dari cetakan dan lakukan proses “aging” selama satu bulan. Setelah itu potong-potong sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan. Sabun yang dihasilkan berbentuk bulat dengan ketebalan 0.5 – 1 cm.
  6. Potongan sabun dikemas menggunakan plastic wrapping dan pasang label produk
  7. Masukkan sabun yang telah dikemas ke dalam kemasan kardus.
  8. Sabun siap di pasarkan.
Selamat mencoba