selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 12 Januari 2012

Peluang Usaha Kue Basah

ragam kue basah
Kue basah yang identik sebagai jajanan tradisional, selalu menjadi pilihan untuk jamuan di beberapa acara, mulai dari sekedar kumpul keluarga sampai acara istimewa. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kue basah memiliki pesona tersendiri, bentuk dan rasa yang beragam serta harga yang terjangkau membuat jajanan pasar ini tidak pernah telewatkan untuk dihadirkan di setiap acara penting.
Kesan sederhana dan tradisional yang ditampilkan kue-kue basah ini dapat dilihat salah satunya dari lemper atau lemet yang selalu menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya.Hal inilah yang menjadi daya tarik, seolah menciptakan kehangatan dan kebersamaan. Rasa yang dihadirkan pun bervariasi, paduan gurihnya santan, manisnya gula, serta aroma wangi dari daun pandan yang menggoda merupakan satu kekhasan dari kue basah ini.
Kini sisi manis kue basah mulai merambah ke dunia usaha. Peluang usaha kue basah ini sudah banyak ditekuni, mulai dari usaha rumahan hingga industri yang telah memiliki outlet atau toko yang khusus menjual kue-kue basah dan uniknya pasarnya pun tidak pernah surut.
Target Konsumen
Pasar kue basah sangat luas apalagi ibu-ibu yang sering mengadakan acara-acara arisan ataupun perkumpulan lainnya yang membutuhkan suguhan yang beragam.
Info Bisnis
Pada pembuatan produk usahakan untuk selalu ciptakan variasi agar  konsumen terhindar dari kebosanan. Misalnya onde-onde yang besar bisa di buat versi kecil atau kue ku yang biasanya berbentuk seperti kura-kura, cobalah dibentuk dengan berbagai macam buah.
Kelebihan
Potensi usaha kue basah cukup besar, apalagi jika kita mampu membuat kue yang sesuai denga selera kebanyakan konsumen.
Kekurangan
Daya tahan kue basah yang maksimal hanya bertahan satu hari. Untuk itu tentukan jenis dan jumlah kue yang diproduksi setiap harinya.
Pemasaran

Pemasaran usaha dapat dilakukan dengan cara memasang nama usaha, alamat dan kontak usaha di kertas pembungkus dan kotak kue. Dan pada promosi awal dapat menyebarkan brosur serta mengadakan program harga promosi.
Kunci Sukses
Selalu gunakan bahan-bahan yang berkualitas dan sebisa mungkin gunakan pewarna alami, jika terpaksa harus menggunakan pewarna, gunakan pewarna makanan yang berkualitas dan terpercaya serta gunakan sesuai takaran.
Analisa Usaha
Asumsi
Masa pakai etalase sederhana 5 tahun
Masa pakai peralatan masak(dandang, oven, Loyang, panci, dan kompor gas)3 tahun
Biaya Investasi
Etalase sederhana              Rp 1.000.000
Peralatan masak                Rp 3.000.000
Total Investasi                Rp 4.000.000
Biaya Operasional per Bulan
Biaya Tetap
Penyusutan etalase 1/60 x Rp 1.000.000               Rp    16.700
Penyusutan peralatan masak 1/36 x Rp 3.000.000       Rp    83.000
Upah karyawan                                        Rp   500.000
Total biaya tetap                                    Rp   599.700
Biaya Variabel
Pembelian bahan-bahan per 15 hari
@Rp 300.000/ produk x 6 produk x 2 kali sebulan         Rp 3.600.000
Pembelian gas @ Rp 17.000 x 6 kali dalam satu bulan     Rp   102.000
Total biaya variabel                                    Rp 3.702.000
Total biaya variabel operasional                        Rp 4.301.700
 
Penerimaan per Bulan
Penjualan 6 jenis kue
(6 x 50 buah/ hari x Rp 1.000/buah x 30 hari)           Rp 9.000.000
Keuntungan per Bulan
Keuntungan    = Total penerimaan – total biaya operasional
              = Rp 9.000.000 – Rp 4.301.700
              = Rp 4.698.300
BEP (Break Event Point)
BEP  = (Total biaya investasi : keuntungan ) x 1 bulan
     = (Rp 4.000.000 : Rp 4.301.700) x 1 bulan
     = < 1 bulan
sumber gambar: http://farm4.static.flickr.com/3363/3427541553_211bf44b8e.jpg & http://3.bp.blogspot.com/_OKcJ6MxhnvE/S-dpn1suabI/AAAAAAAAAuo/dutHa0ehJyw/s1600/000_0422.jpg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar