Suatu usaha/bisnis dapat berjalan karena didukung  oleh berbagai komponen yang berkaitan satu sama lain. Masing–masing  komponen mempunyai peran penting . Mulai dari kekuatan Sumber Daya  Manusianya, permodalan, bahan baku dan sebagainya. Namun yang perlu kita  ingat bahwa suatu kegiatan bisnis tidak akan terlepas dari yang namanya  pemasaran. Sehingga pada prinsipnya bisnis dapat terbentuk, berjalan,  bertahan dan berkembang didukung oleh adanya pemasaran yang bagus.  Secara mudahnya meskipun kita dapat menghasilkan produk yang  berkualitas tinggi dengan jumlah yang besar sekalipun apabila dari sisi  pemasarannya lemah, kelebihan dan kekuatan yang kita miliki tidak akan  terserap oleh pasar secara maksimal meskipun pemintaan atas produk  tersebut tinggi. Dalam dunia bisnis, tingkat persaingan yang terjadi  cukup tinggi sehingga dengan kualitas produk yang sama untuk memperoleh  porsi yang besar dalam penyerapan pasar adalah pihak yang memiliki  strategi dan kekuatan pemasaran yang lebih unggul. Dengan begitu antara  pemasaran dan bisnis memiliki hubungan yang saling mengikat. Ketiadaan  unsur yang satu akan menggugurkan eksistensi unsur lainnya
Pemasaran dapat didefinisikan sebagai suatu titik  permintaan atas tersedianya suatu produk barang atau jasa sehingga pada  intinya terkait dengan tingkat permintaan. Tingkat kebutuhan konsumen  mengerucut pada yang namanya pemasaran. Pada akhirnya, tingginya angka  pemasaran maka makin banyak pula permintaan dari konsumen.
Keberhasilan suatu usaha dalam dunia bisnis sangat  terkait dengan pengembangan pemasaran. Dengan asumsi semakin  berkembangnya pasar yang dikuasai, maka makin banyak pula angka  penjualan. Terkait dengan masalah pemasaran pada prinsipnya ada beberapa  hal yang menjadi dasar dalam melakukan pengembangan pasar.  Pada artikel ini saya akan mencoba mengetengahkan mengenai masalah  Harga Jual produk sebagai salah satu komponen penentu pengembangan pasar  bisnis Anda.
Kiat Menentukan Harga Jual produk
Sudah menjadi rahasia umum dan merupakan salah satu  kata kunci dalam pemasaran, bahwa harga murah merupakan daya tarik  terbesar atas terserapnya suatu produk. Itulah kebiasaan pasar yang  tidak bisa Anda bantah. Untuk itu, peranan harga jual dalam mendapatkan  pasar memiliki pengaruh yang cukup besar. Selanjutnya, bijaklah dalam  menentukan harga dari suatu komoditas. Jangan sampai harga tersebut  melampaui harga eceran tertinggi (HET) di suatu daerah. Hal tersebut  dapat mengakibatkan produk Anda sulit terjual dan usaha Anda tidak mudah  untuk memperoleh pelanggan. Akibat lain yang dapat ditimbulkan adalah  Anda dapat berurusan dengan pihak yang berwajib, disebabkan penentuan  harga yang Anda lakukan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.  Tentu saja Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan!
Oleh karena penentuan harga memiliki peranan yang  sangat penting dalam peningkatan penjualan, buatlah kesan bahwa produk  Anda merupakan produk berkualitas serta produk yang memahami kebutuhan  dan situasi konsumen. Misalnya saja, pada saat perusahaan lain menaikkan  harga maka Anda memberikan potongan harga untuk pembelian produk dengan  jumlah tertentu. Atau belaku juga kondisi sebaliknya, di saat  perusahaan lain memberi diskon tetapi Anda justru menaikkan harga. Dalam  hal ini yang kita tonjolkan adalah segi mutu dan kualitas produk.  Dengan begitu konsumen akan percaya bahwa produk Anda merupakan  komoditas yang berkualitas.
Dalam menentukan harga jual, ada beberapa parameter  yang harus dicermati agar kualitas produk bisa dipertahankan atau bahkan  ditingkatkan sedangkan dari harga penjualan usaha tersebut tidak  mengalami kerugian bahkan mendapatkan keuntungan, strateginya adalah :
Ÿ Untuk mendapatkan harga modal awal (bahan baku)  yang rendah/murah didapat dengan cara membeli langsung dari produsen  atau membuat produk sendiri. Dengan demikian kita bisa mendapatkan  kisaran harga yang tidak terlalu tinggi dibanding para pesaing.
Ÿ Strategi berikutnya adalah sebaiknya jangan terlalu  tinnggi/besar dalam menentukan tingkat keuntungan bagi perusahaan. Hal  ini dapat disiasati dengan cara menjual dengan kuantitas yang banyak.
Ÿ Hendaknya harga yang ditawarkan kepada konsumen cukup kompetitif dengan harga produk pesaing.
Ÿ Lakukan efisiensi dan efektifitas biaya operasional sehari-hari untuk menekan biaya produksi. 
Sebagai strategi pemasarannya, Anda dapat  memanfaatkan hubungan kekerabatan dan pertemanan untuk memperluas  jaringan pemasaran. Sebagai imbal baliknya, Anda dapat melakukan  pembagian keuntungan sesuai dengan kesepakatan besama.
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar