selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 12 Januari 2012

KIAT MENENTUKAN HARGA JUAL SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN

Suatu usaha/bisnis dapat berjalan karena didukung oleh berbagai komponen yang berkaitan satu sama lain. Masing–masing komponen mempunyai peran penting . Mulai dari kekuatan Sumber Daya Manusianya, permodalan, bahan baku dan sebagainya. Namun yang perlu kita ingat bahwa suatu kegiatan bisnis tidak akan terlepas dari yang namanya pemasaran. Sehingga pada prinsipnya bisnis dapat terbentuk, berjalan, bertahan dan berkembang didukung oleh adanya pemasaran yang bagus. Secara mudahnya meskipun kita dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dengan jumlah yang besar sekalipun apabila dari sisi pemasarannya lemah, kelebihan dan kekuatan yang kita miliki tidak akan terserap oleh pasar secara maksimal meskipun pemintaan atas produk tersebut tinggi. Dalam dunia bisnis, tingkat persaingan yang terjadi cukup tinggi sehingga dengan kualitas produk yang sama untuk memperoleh porsi yang besar dalam penyerapan pasar adalah pihak yang memiliki strategi dan kekuatan pemasaran yang lebih unggul. Dengan begitu antara pemasaran dan bisnis memiliki hubungan yang saling mengikat. Ketiadaan unsur yang satu akan menggugurkan eksistensi unsur lainnya
Pemasaran dapat didefinisikan sebagai suatu titik permintaan atas tersedianya suatu produk barang atau jasa sehingga pada intinya terkait dengan tingkat permintaan. Tingkat kebutuhan konsumen mengerucut pada yang namanya pemasaran. Pada akhirnya, tingginya angka pemasaran maka makin banyak pula permintaan dari konsumen.
Keberhasilan suatu usaha dalam dunia bisnis sangat terkait dengan pengembangan pemasaran. Dengan asumsi semakin berkembangnya pasar yang dikuasai, maka makin banyak pula angka penjualan. Terkait dengan masalah pemasaran pada prinsipnya ada beberapa hal yang menjadi dasar dalam melakukan pengembangan pasar. Pada artikel ini saya akan mencoba mengetengahkan mengenai masalah Harga Jual produk sebagai salah satu komponen penentu pengembangan pasar bisnis Anda.
Kiat Menentukan Harga Jual produk
Sudah menjadi rahasia umum dan merupakan salah satu kata kunci dalam pemasaran, bahwa harga murah merupakan daya tarik terbesar atas terserapnya suatu produk. Itulah kebiasaan pasar yang tidak bisa Anda bantah. Untuk itu, peranan harga jual dalam mendapatkan pasar memiliki pengaruh yang cukup besar. Selanjutnya, bijaklah dalam menentukan harga dari suatu komoditas. Jangan sampai harga tersebut melampaui harga eceran tertinggi (HET) di suatu daerah. Hal tersebut dapat mengakibatkan produk Anda sulit terjual dan usaha Anda tidak mudah untuk memperoleh pelanggan. Akibat lain yang dapat ditimbulkan adalah Anda dapat berurusan dengan pihak yang berwajib, disebabkan penentuan harga yang Anda lakukan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tentu saja Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan!
Oleh karena penentuan harga memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan penjualan, buatlah kesan bahwa produk Anda merupakan produk berkualitas serta produk yang memahami kebutuhan dan situasi konsumen. Misalnya saja, pada saat perusahaan lain menaikkan harga maka Anda memberikan potongan harga untuk pembelian produk dengan jumlah tertentu. Atau belaku juga kondisi sebaliknya, di saat perusahaan lain memberi diskon tetapi Anda justru menaikkan harga. Dalam hal ini yang kita tonjolkan adalah segi mutu dan kualitas produk. Dengan begitu konsumen akan percaya bahwa produk Anda merupakan komoditas yang berkualitas.
Dalam menentukan harga jual, ada beberapa parameter yang harus dicermati agar kualitas produk bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan sedangkan dari harga penjualan usaha tersebut tidak mengalami kerugian bahkan mendapatkan keuntungan, strateginya adalah :
Ÿ Untuk mendapatkan harga modal awal (bahan baku) yang rendah/murah didapat dengan cara membeli langsung dari produsen atau membuat produk sendiri. Dengan demikian kita bisa mendapatkan kisaran harga yang tidak terlalu tinggi dibanding para pesaing.
Ÿ Strategi berikutnya adalah sebaiknya jangan terlalu tinnggi/besar dalam menentukan tingkat keuntungan bagi perusahaan. Hal ini dapat disiasati dengan cara menjual dengan kuantitas yang banyak.
Ÿ Hendaknya harga yang ditawarkan kepada konsumen cukup kompetitif dengan harga produk pesaing.
Ÿ Lakukan efisiensi dan efektifitas biaya operasional sehari-­hari untuk menekan biaya produksi.
Sebagai strategi pemasarannya, Anda dapat memanfaatkan hubungan kekerabatan dan pertemanan untuk memperluas jaringan pemasaran. Sebagai imbal baliknya, Anda dapat melakukan pembagian keuntungan sesuai dengan kesepakatan besama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar