Tips Untuk Pengusaha Bisnis Rumahan Memiliki sebuah bisnis rumahan yang sukses, merupakan sesuatu yang diimpikan banyak orang. Karena dengan memiliki , mereka dapat membuat jadwal kerja sendiri, menjadi bos sendiri, dan mampu menghasilkan sejumlah uang tanpa ada target deadline pekerjaan. Namun, dibalik itu sebenarnya ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para pengusaha rumahan.Pengusaha yang berhasil menemukan bahwa mereka tidak melihat masalah sebagai kesulitan yang berarti. Sebaliknya, mereka melihat masalah sebagai tantangan. Pemikiran mereka terkadang di luar nalar orang-orang biasa, dan mereka mampu untuk menciptakan cara-cara baru yang kreatif untuk mengatasi kesulitan.
Berikut adalah beberapa tips untuk pengusaha bisnis rumahan, dalam membangun usahanya:
1. Mindset Bisnis
Pengusaha yang serius telah “memprogram” pikirannya untuk berhasil, apapun yang terjadi. Mereka tidak akan kehilangan fokus pada bisnis rumahannya dan membiarkan orang lain menghentikan rencananya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka tahu apa yang diinginkan dan menginginkan kesuksesan. Jika Anda tidak tahu apa yang diinginkan dalam bisnis rumahan Anda, pertimbangkan kembali rencana apa yang ingin dicapai atau keuntungan bisnis dalam jangka panjang.
2. Rencana Bisnis
Pengusaha yang cerdas tahu, diperlukan waktu untuk set up dan menumbuhkan bisnis yang menguntungkan. Mereka merencanakan keberhasilan. Mereka memiliki rencana awal yang mungkin saja gagal, tetapi mereka tidak pernah menyerah dan memulainya lagi dengan cara yang lebih baik. Pengusaha yang serius mengetahui bahwa diperlukan disiplin serta waktu untuk membangun sebuah bisnis rumahan yang solid dan kuat, yang nantinya memberikan pendapatan di tahun-tahun mendatang.
3. Riset Pasar
Pengusaha sukses dan serius tahu pentingnya sebuah riset pasar. Mereka tahu, agar usaha rumahan dapat berhasil, mereka harus melakukan riset pasar (konsumen potensial) dan mempelajari. Lihat selengkapnya kompetitor mereka. Lakukan riset target market yang pelajari pesaing Anda agar usaha Anda mendapatkan profit jangka panjang. Ketahui apa keinginan konsumen dan berikan pelayanan yang terbaik. Waspada dengan pesaing, pelajari penawaran mereka dan pastikan Anda memberikan yang lebih baik daripada mereka.
4. Strategi Marketing
Pelajari pengusaha sukses dibidang yang sama dengan bisnis Anda dan perhatikan bagaimana memasarkan produknya secara online maupun offline. Mereka pasti memiliki keunikan tapi mereka juga menggunakan dasar yang sama. Gunakan konsep marketing yang terbukti berhasil, tapi juga cobalah untuk meningkatkannya dan menyesuaikan dengan situasi bisnis Anda. Buatlah penawaran yang lebih baik dari pesaing jika Anda ingin menang dalam bisnis ini, atau berhenti.
5. Investasi Bisnis
Pengusaha cerdas tahu untuk sukses, kuncinya adalah cerdik bukan keras. Kalau Anda tidak mempunyai keterampilan untuk mengembangkan taktik marketing yang baru, mengapa tidak menyewa konsultan yang memahami hal tersebut?Jika Anda mempunyai cukup uang, mengapa tidak menginvestasikan pada orang yang bisa membantu mengembangkan bisnis rumahan Anda?  Manakah yang lebih berharga bagi Anda, waktu atau uang Anda?  Pengusaha yang serius siap untuk berinvestasi (baik waktu dan uang). Dia tahu akan membangun kesuksesan bisnis jangka panjang bagi dirinya dan orang-orang yang dicintai. Langkah terakhir yang harus dilakukan agar berhasil adalalah “Bertindak”.
Jika Anda ingin menjalankan sebuah bisnis rumahan yang sukses, pola pikir kewirausahaan harus Anda terapkan dalam diri Anda. Anda dapat melatih diri untuk hal tersebut, tidak harus menjadi karateristik bawaan dari kepribadian Anda. Anda hanya perlu berkomitmen untuk pengembangan dan berjanji pada diri sendiri bahwa tidak akan pernah menyerah, karena membangun kesuksesan dalam berbisnis tidak akan terjadi semalam. Bagi setiap orang yang ingin sukses dalam menjalankan bisnis rumahannya, harus yakin bahwa butuh waktu dan kesabaran untuk sampai ke sana, perjalanannya pun penuh dengan trial dan error. Pola pikir kewirausahaan tidak akan membuat Anda kebal terhadap tantangan, akan tetapi akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengubah tantangan ini menjadi potongan pendek untuk sukses. Semoga tips di atas dapat menjadi informasi bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.
Sumber gambar:http://al-rasyid.blog.undip.ac.id/files/2010/12/Cara-Menjadi-Pengusaha.jpg dan https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_RO1sqsREgxRqnbnujMhKL1vTEcmFbuMMVxk2HzhO_l8qcoLTqd6txq4Gn2HY1Icih2wt77iCDzJJog4iO4lK_FBdj5pIglsVL1rkC7W4a5LtbKYmX9zGUALwqy_86D_8Q8kAbPjeJqk/s400/668_shaking_businessman_drinking_to_much_coffee_in_front_of_his_computer.jpg