Dewasa ini, makin banyak orang yang beranggapan bahwa berbisnis sendiri adalah pilihan pekerjaan yang terbaik. Salah satu jenis bisnis yang banyak menjadi pilihan  banyak orang adalah . Bisnis rumahan jika didefinisikan, paling mudah adalah  merupakan usaha yang dilakukan atau dikelola di rumah. Memilih sebuah bisnis rumahan punya tantangan tersendiri, terlebih jika Anda adalah pemula dan baru mencari bisnis apa yang paling cocok dengan diri Anda.Dengan menjalankan bisnis rumahan yang menguntungkan ini, tentunya Anda dapat meminimalisir biaya awal dan biaya operasional. Bisnis rumahan juga memungkinkan pemiliknya merasa nyaman untuk melakukan segala aktifitas bisnisnya dan pemasarannya, dan gaya kerja pun fleksibel, karena Anda sendirilah yang menjadi bosnya. Meskipun demikian, dalam mengembangkan bisnis rumahan dibutuhkan jangka waktu yang tidak sedikit. Sebuah bisnis rumahan bukanlah investasi kecil dengan laba yang besar dan bukan pula sebuah bisnis untuk cepat kaya.  Jangan heran, jika nantinya Anda juga perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk pertumbuhan dan perkembangan bisnis rumahan Anda.
Mungkin diantara Anda ada yang belum memiliki ide bisnis rumahan apa yang akan dijalankan nanti.  Namun di sisi lain Anda begitu bersemangat untuk ingin segera memiliki bisnis rumahan. Salah satu contoh yang menarik adalah jasa wedding organizer atau wedding planner. Karena pernikahan adalah hari paling spesial bagi laki-laki dan perempuan yang ingin membina hidup baru secara resmi, maka setiap pasangan calon pengantin menginginkan agar acara mereka berjalan dengan lancar dan berkesan untuk semua orang. Dengan demikian, tidak jarang calon pengantin memerlukan jasa wedding organizer untuk membantu menyelenggarakan acara pernikahan mereka. Nantinya wedding organizerlah yang membantu mempersiapkan acara, mulai dari konsep acara, undangan, desain ruangan, makanan, dokumentasi dan sebagainya.

Konsumen

Target pasar dari wedding organizer adalah para calon pengantin. Yang menginginkan acara special mereka menjadi lancar dan berkesan.

Info Bisnis

Ada beberapa persiapan dalam memulai ini, diantaranya adalah persiapan SDM, modal dan promosi. Ada baiknya jika Anda bekerja sama dengan beberapa pihak seperti katering, penata rias, florist, fotografer serta percetakan untuk undangan dan lain sebagainya, agar nantinya bisa mendapatkan harga khusus yang lebih murah. Pelajari pula konsep-konsep pernikahan berbagai daerah, menjalin komunikasi yang bersahabat dengan konsumen pengguna jasa Anda, memberikan pelayanan secara total dan memuaskan. Kepuasan konsumen adalah hal yang harus didahulukan sebelum keuntungan yang ingin Anda capai.

Kelebihan Bisnis

Adanya peluang dalam kehidupan modern yang menginginkan kecepatan, kemudahan dan kepraktisan untuk mengatasi masalah time deficiency masyarakat perkotaan dalam mempersiapkan acara pernikahan. Maka di masa mendatang, orang akan membutuhkan .

Kelemahan Bisnis

-  Pemasukannya tidak tetap, karena menunggu adanya orang yang menikah.
-  Kecenderungan mengambil orang-orang terdekatnya menjadi panitia pernikahan.

Pemasaran

-  Melakukan promosi dari mulut ke mulut.
-  ‘Jemput Bola’ ketika ada info pesta pernikahan.
-  Menyediakan kartu nama.
-  Mencari keunikan WO milik Anda.
-  Memaparkan kelebihan WO Anda pada konsumen untuk meyakinkan mereka.

Kunci Sukses

Kesuksesan bisnis jasa ini terletak pada kualitas pelayanan yang diberikan. Memahami apa yang diinginkan pengguna jasa Anda. Untuk itu pilihlah tim yang berkualitas, berpengalaman dan ciptakan inovasi konsep yang menarik dan berbeda. Agar para konsumen pun puas dengan kinerja Anda.
Analisa Ekonomi
Modal Awal
Peralatan
Tenda                                                    Rp 10.000.000,.
Panggung                                                 Rp  5.000.000,.
Sound system                                             Rp  2.000.000,.
Jumlah                                                   Rp 17.000.000,.
Biaya penyusutan peralatan selama penggunaan 4 tahun :
= 1/48 x Rp 17.000.000,.
= Rp 354.200,./bulan
Perlengkapan
Perlengkapan rias dan busana                              Rp  4.000.000,.
Perlengkapan incidental                                   Rp    300.000,.
Jumlah                                                    Rp  8.500.000,.
Omzet per bulan
1 x Rp 12.000.000,.                                       Rp 12.000.000,.
Biaya Operasional
Honor 5 orang @ Rp 500.000,.                              Rp  2.500.000,.
Maintenance perlengkapan                                  Rp    300.000,.
Transportasi                                              Rp    500.000,.
Komunikasi                                                Rp    100.000,.
Biaya perlengkapan                                        Rp  4.300.000,.
Biaya penyusutan peralatan                                Rp    354.200,.
Biaya lain-lain                                           Rp    200.000,.
Jumlah biaya                                              Rp  8.254.200,.
Laba Bersih
= Pendapatan – Biaya operasional
= Rp 12.000.000 – Rp 8.254.200,.=                         Rp  3.745.800,.
BEP
(Modal awal : laba bersih per bulan) ± 6 bulan
Bisnis jasa wedding organizer ini bisa  Anda gunakan sebagai  ide bisnis menarik dalam menjalankan bisnis rumahan yang menguntungkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.
Sumber gambar :http://4.bp.blogspot.com/_LMmZOK_dNCI/SmXmSTOrxII/AAAAAAAAAJs/ozwcZO5t7Xs/s200/bisnis_rumahan.jpg dan http://images01.olx.co.id/ui/7/70/80/1286531894_127027080_2-wedding-organizer-o2-Bekasi-1286531894.jpg