selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 03 Maret 2011

TIPS UNTUK BERWIRAUSAHA

Saya mendapat tulisan mengenai beberapa Tips jika kita ingin sukses atau minimal ngga bodoh-bodoh amatlah untuk bisa berwirausaha. Memang untuk berwirausaha terbuka luas. Walaupun disaat situasi ekonomi yang tidak terkendali ini, bagi orang yang kreatif dan produktif akan mampu memanfaatkannya. Dengan kata lain tidak ada jalan tertutup, tetapi justru sebaliknya senantiasa terbuka bagi mereka yang mendambakan kesuksesan.
Dibawah ini ada beberapa tips saya salin dari kliping yang artikelnya dikemukakan oleh pengusaha Jawa Barat dan Direktur Bank Baiturridho, Drs. H. Habib Nazir, MA. Menurutnya ada Tujuh Kunci untuk menjalankan dan mengembangkan usaha atau perusahaan.
Kunci Pertama, Jagalah tujuan usaha anda atau perusahaan agar selalu terlihat jelas. Salah satu kelemahan perusahaan yang masih kecil adalah mereka jarang mempunyai tujuan jelas yang akan mereka capai. Setiap usaha harus memiliki tujuan pasti.
Kunci Kedua, Miliki gambaran yang jelas tentang transaksi keuangan. Seorang pengusaha harus mempunyai gambaran yang lengkap tentang usahanya/ perusahaannya. Banyak usaha kecil yang gagal karena tidak mempunyai pembukuan yang memadai, bahkan sering mengabaikan pencatatan kegiatan transaksi keuangannya.
Kunci Ketiga, Mengetahui titik impas. Seorang pengusaha harus tahu benar apakah ia memperoleh laba atau rugi. Cara terbaik untuk mengetahuinya ialah dengan menggunakan metode titik impas. Dengan mengetahui diagram ini kita bisa mengetahui tingkat operasi yang merugi dan jumlah transaksi yang bisa membuat kita meraih laba.
Kunci Keempat, Usahakan sebisa mungkin biaya material semurah-murahnya. Kemenangan dalam persaingan usaha tergantung satu faktor yaitu memproduksi dngan biaya yang murah dan bisa menjual dengan harga tinggi. Jadi memproduksi dengan biaya yang murah harus dimungkinkan dan diusahakan.
Kunci Kelima, Hilangkan Segala sesuatu yang tidak diperlukan. Pengusaha yang mapan selalu menaruh perhatian kepada pengaturan mesin, material dan tenaga kerja yang efisien demi profit. Ada tiga aturan yang jitu untuk menghilangkan segala sesuatu yang anda tidak perlu yaitu satu, Jangan menyimpan sesuatu yang seharusnya anda tak perlukan. Kedua Jangan berkata sesuatu yang seharusnya anda tak perlu katakan dan Ketiga Janganlah menulis sesuatu yang seharusnya anda todak menuliskannya.
Kunci Keenam, Efisiensi tinggi dan Upah tinggi. Jika anda punya karyawan maka manfaatkanlah keahlian dan kelebihannya, agar mereka dapat bekerja baik dan bangga dengan pekerjaannya. Kepuasan dan rasa bangganya mendorong efisiensi yang lebih tinggi.
Kunci Ketujuh, Perintis untuk selalu memperoleh laba yang lebih besar. Pengusaha yang cakap selalu mempunyai kekhususan, mereka tidak membuat barang dan jasa yang sama seperti yang telah ada dipasar, tapi bagaimana mencari cara lain untuk membuatnya sehingga kekhususannya itu bisa memberi laba yang lebih tinggi. Hindarilah masuk kedalam suatu jenis usaha yang sudah penuh sesak. Kecuali saudara bisa membuat kekhususan tersendiri sehingga menjadi yang menarik.

Namanya juga tips, yah tegantung kitalah bagaimana menerapkannya. Namun setidak-tidaknya janganlah saudara ikut-ikutan terjun kesuatu usaha tanpa bekal baik dari sisi usahanya ataupun dari cara-cara mengelola usaha dan bagaimana mencari untung yang lebih tinggi lagi. Dari saya disampaikan selamat berwirausaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar