selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Kamis, 03 Maret 2011

MEMBUAT RENCANA USAHA

Untuk memulai suatu usaha, tentunya harus direncanakan dahulu sebaik-baiknya, walaupun usaha yang kita buat tersebut tergolong usaha kecil dan dengan modal sendiri. Mengingat usaha tersebut nantinya dapat dijadikan untuk menggantungkan usaha sebagai sumber mata pencarian, maka dengan membuat rencana usaha dari awal, akan memudahkan kita untuk lebih jelas melaksanakan usaha tersebut tahap demi tahap, mulai dari karyawan yang harus disiapkan sampai dengan jenis dan macam  produk yang akan dipasarkan serta bagaimana memasarkannya.
Membuat rencana usaha atau istilah kerennya Business Plan tidaklah rumit, apalagi kalau usaha ini tergolong usaha kecil. Namun yang terpenting adalah justru dengan kita membuat rencana usaha ini dengan benar dan sebaik-baiknya adalah untuk membantu agar usaha yang akan kita buat menjadi jelas, sehingga tentunya pekerjaan kita tidak akan bertambah menjadi rumit nantinya.
Tujuan Membuat Rencana Usaha:
Tujuan yang paling penting adalah bagaimana agar pengusaha, pegawai dan halayak luar  bisa mengetahui dengan jelas usaha yang sedang atau akan kita jalankan. Tujuan lainnya adalah untuk mendapatkan modal ataupun kredit.
Keuntungan mempunyai Rencana Usaha:
1.  Sebagai gambaran dari Usaha yang dijalankan.
2.  Mempunyai perencanaan strategi dan logistik.
3.  Mempunyai alat ukur dalam melaksanakan pekerjaan.
4.  Mempunyai sasaran tertulis dan kerangka acuan yang dpt digunakan dari waktu ke waktu.
5.  Sebagai alat penjualan dan prospekturs, untuk mencari modal atau pinjaman.
6.  Sebagai alat presentasi/proposal ke pembeli, untuk menawarkan barang/produk.
 
Pedoman untuk membuat rencana usaha sudah banyak sekali bukunya, dari sekian metodologi yang ada, saya mencoba membahasnya dari apa yang telah saya baca di SWA yang ditulis oleh Sdr. Pri Notowidigdo. Nah cobalah saudara untuk coba menulis kerangka pemikiran dengan menggunakan kerangka sebagai berikut :
Pertama, dari sisi perusahaan :
o Misi, Perusahaan seperti apa yang akan saudara dirikan, mengapa perusahaan ini harus ada, dan apa berbedaan dengan perusahaan lain yang sejenisnya. o Manajemen. Gambarkan dengan lengkap posisi serta orang yang akan mengisi. Tunjukkan keberhasilan orang yang akan Anda jadikan anggota manajemen. Tulis mengenai falsafah perusahaan.
o Rekrutmen. Bagaimana dan dari mana Anda mencari orang?
o Pelatihan. Pelatihan apa yang diperlukan calon karyawan?
o Organisasi. Tentukan bentuk organisasi yang Anda pilih: PT, firma, CV, dan lainnya.
o Lokasi. Di mana, dan fasilitas apa yang tersedia?

Kedua, dari sisi barang atau jasa:
o Apa barang/jasa yang ditawarkan? o Kelebihannya?
o Apa yang membuatnya khusus?
o Bagaimana produksi dan distribusinya?
o Berapa biaya dan harga jualnya?
o Bagaimana garansi dan layanan pascajualnya?

Ketiga, dari sisi Pasar:
o Industri. Jelaskan mengenai industrinya. Berapa besar pasar yang ada? Prospek pertumbuhannya? Apakah pasarnya sangat bersaing? o Pelanggan. Siapa target pelanggannya? Mengapa mereka mempertimbangkan barang/jasa yang Anda tawarkan? Kebutuhan apa yang dapat dipenuhi oleh hal yang Anda tawarkan?
o Persaingan. Siapa para pesaing Anda? Berapa besar kira-kira pangsa pasar mereka? Apa kekurangan-kelebihan mereka?

Keempat, dari sisi Distribusi:
o Bagaimana Anda akan menjual barang/jasa? Mengapa? o Perencanaan iklan, pemasaran dan promosinya.
Kelima, dari sisi Keuangan:
o Pengumpulan dana. Berapa jumlah penanaman modal? Debt atau ekuitas? Sumber pendanaan? Siapa pemegang saham? o Proyeksi keuangan. Buatlah proyeksi untung-rugi serta neraca keuangan 3-5 tahun ke depan.
o Sistem remunerasi. Berapa gaji, bonus dan tunjangan lainnya?

Selain itu, cantumkan hal-hal yang menyangkut perizinan yang diperlukan, perjanjian bisnis, calon pemasok, perusahaan pemberi jasa hukum dan keuangan.
Ingat, pembuatan Rencana Usaha ini akan merefleksi diri Anda. Tanya pada diri sendiri, setelah Anda selesai membuatnya. Apakah semua ini menggambarkan bagaimana Anda ingin berusaha ? Bila jawabnya ya, berarti Anda telah melakukan segalanya yang Anda bisa lakukan.
Perencanaan -- seperti yang diketahui setiap wirausahawan sukses -- merupakan penangkal nasib buruk. Maka, bila ingin bisnis Anda berhasil, atau paling tidak kemungkinan besar berhasil, Anda harus punya rencana usaha yang jelas.
Kalau kerangka pikiran diatas masih terlalu rumit untuk usaha yang akan saudara kerjakan, cobalah minta pendapat teman yang sudah pengalaman. Kalau tidak ada, ya buatlah semampu anda, yang penting sebelum usaha dimulai, pembuatan rencana usaha tetap harus dibuat, walaupun sangat sederhana, lain kesempatan cobalah rencana usaha yang sudah dibuat untuk diperbahurui sesuai perkembangan usaha anda. Dari CELAH.COM disampaikan "Semoga usaha anda lebih berkembang & berhasil".
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar