selamat datang

wellcome di peluang & spirit

Senin, 28 Februari 2011

Cara Membuat Jahe Instant

Didik Gunawan.
Hari-hari kedepan ini sudah mulai musimnya mhs KKN. Apa yang akan kita kerjakan disana? Mengadakan penyuluhan, bahaya Miras, Narkoba, menanam TOGA……. semua sudah pernah dilakukan oleh kakak2 kelas.
Mengapa tidak dicoba mengajari cara membuat “Jahe Instant”, disamping mudah, para warga pasti akan tertarik, karena hasilnya bisa dijual untuk dijadikan tambahan penghasilan.
Membuat “Jahe Instant” itu sangat mudah, bahan yang diperlukan hanyalah Rimpang Jahe 1/2 kg dan gula pasir 1 kg. Apabila diinginkan bisa ditambah bumbu2 seperti sereh, manis jangan, kapulogo, cengkeh, serutan kayu secang (bisa salah satu atau 2 menurut selera….jangan semua).
Cara membuat :
Rimpang jahe dibakar sekedarnya (jangan lama2, sekedar hanya untuk menghilangkan rasa pahit dan bau “jamu”),
kemudian diparut dan diperas airnya menggunakan saputangan atau kain kasa, ampasnya dibuang, yang kita pakai adalah hasil saringan, air jahe.
Kemudian sediakan air segelas untuk merebus bumbu-bumbu tambahan tadi (tepatnya bukan direbus, tapi di infusa atau di “tim”, yaitu direbus menggunakan pemanas berupa air mendidih (bukan api langsung), selama 15 menit.
Setelah itu disaring selagi panas, maka akan didapatkan rebusan yang jumlahnya kira2 1 gelas. Kalau kurang dari 1 gelas, bisa ditambahkan air panas melewati saringan itu, hingga diperoleh cairan 1 gelas.
Kedua cairan ini dicampur (Hasil infusa dan cairan hasil saringan jahe tadi), lalu ditambahkan gula,
Aduklah sampai semua gula larut, kemudian…..
Taruh di atas api di kompor dan terus diaduk secara kontinyu.
Kalau adonan sudah mulai mengental, maka turunkan dari kompor, ganti pemanasnya menggunakan air mendidih (water bad)…….aduk terus sehingga larutan bergula itu menjadi mengkristal.
Jaadi deh!!!!…mudah to?
.

1 komentar:

  1. saya pernah mencoba, jahe 1 kg, gula 1kg+cengkeh 10butir kapulaha 3 butir sereh 1, hasilnya ada rasa pahitnya dikit, kenapa yaa? mohom solusinya

    BalasHapus